KLASTER SIMTOM PADA KANKER PARU

  • Yuniko Febby Husnul Fauzia Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Tuti Pahria Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Atlastieka Praptiwi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

KLASTER SIMTOM PADA KANKER PARU

Yuniko Febby Husnul Fauzia1, Tuti Pahria2, Atlastieka Praptiwi2

Dosen Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon1, Dosen Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran2

 

ABSTRAK

Perkembangan penyakit kanker paru di Indonesia termasuk dalam kategori buruk, dengan angka kematian yang tergolong tinggi. Hal ini disebabkan oleh proses penyakit yang membutuhkan waktu panjang untuk menimbulkan gejala atau keluhan, serta pengalaman gejala yang dirasakan pasien kanker paru pada umumnya tidaklah khas seperti gejala pada penyakit lain. 

Penulisan literature review ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai teori yang menunjang self management pasien stoma usus.Metode yang digunakan dalam penulisan literature review ini adalah dengan penelusuran yang bersumber dari electronic data base mencakup Google Scholar, Pubmed, dan Science Direct dengan kata kunci symptom cluster, lung cancer. Hasil yang didapatkan bahwa symptom cluster atau klaster simtom pada kanker paru adalah suatu kelompok gejala yang terdiri dari dua atau lebih gejala yang berhubungan satu sama lain yang muncul secara bersama-sama pada penyakit kanker paru. Pada umumnya klaster simtom yang ada saat ini masih belum konsisten dan tidak sama satu sama lain, karena perbedaan metode analisis statistik yang digunakan saat melakukan penelitian mengenai klaster simtom.

Kata Kunci :klaster simtom, kanker paru

 

 

 

 

Published
2019-06-08
How to Cite
Husnul Fauzia, Y., Pahria, T., & Praptiwi, A. (2019). KLASTER SIMTOM PADA KANKER PARU. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JIK/article/view/1172