Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Pemasaran Produk Layanan Bank

Authors

  • Dian Novianti Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Kegiatan dalam pemasaran pasti ada dalam setiap usaha, baik usaha berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Pemasaran menjadi semakin penting dengan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat. Pemasaran juga dilakukan dalam rangka menghadapi pesaing yang dari waktu kewaktu semakin meningkat.

Karena itu sangat penting dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Untuk itu perlu adanya prediksi pemasaran dalam produk layanannya. Dalam memprediksi tersebut perlu dilakukan dengan menggunakan data mining. Keluaran dari data mining ini bisa dipakai untuk memperbaiki pengambilan keputusan di masa depan.

Kelebihan dengan menggunakan konsep Adaboost pada algoritma C4.5, karena Adaboost mampu mengurangi nilai bias maupun perbedaan pada weak classifier, mempunyai generalisasi yang baik serta hasil yang didapatkan pun mengkonversi ke alogaritma dengan rasio terdekat dengan strategi berperinsip minimalisai dari batas error.

Penggunaan metode Algoritma C4.5 karena dengan menggunakan metode ini dapat mengklasifikasi dan memprediksi yang cukup kuat sehingga dapat untuk mengeksplorasi data.

Kata kunci—Prediksi Pemasaran, Algoritma C4.5, Data Mining

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-18