SISTEM INFORMASI PENCATATAN DATA BIMBINGAN KONSELING DAN POIN PELANGGARAN SISWA (STUDI KASUS : SMKS NASIONAL KOTA CIREBON)

Authors

  • Haryudi Haryudi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Harry Gunawan Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Agust Isa Martinus Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/int.v14i1.3157

Abstract

Penyajian informasi pada bidang bimbingan konseling siswa SMKS Nasional masih belum berjalan dengan baik. Proses pencatatan data bimbingan dan data pelanggaran diolah dengan memanfaatkan buku besar sebagai media pencatatannya. Dalam kegiatan bimbingan konseling penjadwalan juga masih dilakukan secara manual. Siswa harus mencari guru terlebih dahulu atau guru yang menemui siswa. Serta belum adanya fasilitas guna memberikan orang tua informasi terkait pelanggaran yang dilakukan oleh anaknya ketika berada di sekolah. Dalam mendukung kinerja bimbingan konseling serta penanganan siswa yang bermasalah, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendukung kinerja Guru BK dalam melakukan dokumentasi data pelanggaran dan bimbingan konseling. Oleh karena itu pada penelitian ini penulis membuat sistem informasi pencatatan data bimbingan konseling dan pelanggaran siswa. Pengguna dari sistem ini terdiri dari admin, guru BK, guru piket, guru, siswa, orang tua siswa. Berdasarkan hasil pengujian, sistem pencatatan data bimbingan konseling dan poin pelanggaran siswa dapat melakukan kegiatan lapor pelanggaran, memproses laporan, menerima pemberitahuan kepada orang tua siswa, mengelola data tata tertib, permohonan konseling serta dapat mengatur jadwal bimbingan konseling. Dengan diterapkannya sistem pencatatan data bimbingan konseling dan poin pelanggaran, maka dapat mengurangi kesalahan – kesalahan pencatatan yang mungkin terjadi pada sistem berjalan serta dapat meminimalisir kehilangan dan kerusakan data.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Bimbingan Konseling, Pelanggaran Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-22