PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI GANGGUAN JARINGAN LAN DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR (STUDY KASUS : LABORATORIUM KOMPUTER KAMPUS LP3I CABANG CIREBON)

Authors

  • Maksudi Maksudi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Harry Gunawan Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mastani Mastani Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Komputer pada awalnya diluncurkan hanya sebagai media untuk melakukan perhitungan. Dan dalam melakukan perhitungan tersebut komputer juga hanya mengenal kode biner. Sehingga butuh waktu lama untuk melakukan perhitungan dalam menemukan jawaban perhitungan tersebut. Namun di era sekarang fungsi awal komputer telah diperbarui sehingga bukan hanya perhitungan, tapi multimedia seperti pemutar musik, video dan kelebihan lain juga bisa dilakukan.

Jaringan LAN adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi dan dapat mengakses informasi. Dengan adanya kerusakan yang terjadi dalam sebuah jaringan tentu saja menggangu dalam kegiatan pengiriman dan pengaksesan data ataupun informasi . Sistem pakar untuk deteksi kerusakan jaringan LAN berbasis web merupakan suatu terobosan baru untuk membantu IT (Informasi Teknologi) yang ingin mengetahui informasi tentang deteksi kerusakan jaringan LAN tanpa harus membeli dan mencari buku-buku tentang kerusakan jaringan LAN. Sistem pakar ini dapat memberikan sumbangan kepada seseorang yang bekerja di bagian IT sebagai bahan referensi untuk menentukan kemungkinan kerusakan jaringan LAN yang sering terjadi beserta solusinya yang dapat digunakan sebagai penuntun untuk melakukan tindakan yang harus diambil jika mengetahui seberapa besar kemungkinan terjadinya kerusakan jaringan LAN. Pada skripsi ini dijelaskan bagaimana sistem pakar ini dapat mendeteksi jaringan LAN dengan menggunakan metode inferensi yang digunakan yaitu penalaran maju (Forward Chaining). Program sistem pakar ini diimplementasikan dengan bahasa pemograman PHP dengan database MySQL. Sebagai hasil akhir dapat disimpulkan bahwa program ini mudah digunakan (User-Friendly).

 

Kata Kunci : Sistem pakar, Metode Certainty Factor, Jaringan LAN.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-01