RANCANG BANGUN SISTEM PRODUCTION PLANNING AND INVENTORY CONTROL (PPIC) UNTUK MENENTUKAN ESTIMATED TIME DEPARTURE (ETD) PADA PT BALAGI RATTAN CIREBON

Authors

  • Dian Novianti Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Maksudi Maksudi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Sari Inten Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/int.v12i2.1765

Abstract

PPIC (Production Planning and Inventory Control) adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan ketepatan dalam pelaksaan proses produksi dalam merencanakan dan mengontrol persediaan bahan baku. PT Balagi Rattan Cirebon mempunyai beberapa buyer yang aktif maupun yang masih potensial. Untuk menjaga kualitas produksinya, PPIC memberikan waktu tenggang pengerjaan (Lead Time) proses produksi antara 60 – 90 hari. Batas waktu tersebut ditentukan dengan memeriksa terlebih dahulu persediaan stok bahan baku di gudang sesuai dengan data yang harus tersedia.

Namun dalam pelaksaan produksi, terdapat beberapa masalah yang sangat beresiko yang berkaitan dengan finansial maupun produksi. Dalam merencanakan pengadaan bahan baku, petugas PPIC masih menggunakan perkiraan/intuisi tanpa didukung oleh data yang nyata dan akurat. Sehingga hal tersebut mengakibatkan persediaan barang mengalami kekurangan dan kelebihan bahan baku.

Sistem yang dibuat adalah sistem pengolahan data yang berkaitan dengan PPIC dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, antar muka sistem dikembangkan dari CSS, HTML dan MySQL sebagai databasenya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall dan menggunakan DFD (Data Flow Diagram) untuk merancang sistemnya.

Sistem ini dapat menyajikan data PPIC lengkap seperti data buyer, data barang, data bahan baku, serta laporan stok bahan baku. Hasil pembuatan sistem ini, dapat mempermudah pegawai dalam mengatasi masalah pengolahan data yang bersifat manual, mempermudah pengolahan data menjadi database sehingga lebih efisien dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan untuk pegawai.

 

Kata Kunci : PPIC, Bahan Baku, Sistem Pengelolaan PPIC

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-01