Perencanaan Program Corporate Social Responsibility Berkelanjutan di Wisata Dusun Semilir

Penulis

  • Erika Rossa Rahmawati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Dian Novita Kristiyani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v8i1.6262

Abstrak

Corporate Social Responsibility merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap stakeholder sebagai upaya tanggung jawab perusahaan untuk membantu menyiapkan keperluan dan kepentingan internal maupun eksternal. Permasalahan yang dihadapi Dusun Semilir adalah kurangnya waktu untuk merencanakan dan mengimplementasikan program dengan baik, kurangnya mempertimbangkan secara menyeluruh berbagai aspek, seperti kebutuhan masyarakat lokal, sumber daya yang tersedia, atau potensi dampak dari program tersebut. Wisata Dusun Semilir masih melakukan kegiatan CSR yang bersifat insidental. Pengembangan masyarakat (Community Development) merupakan bentuk kegiatan yang dapat diimplementasikan sebagai bentuk kegiatan tanggung jawab sosial perubahan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Konsep implementasi tanggung jawab sosial perusahaan yang selama ini diterapkan masih terbatas pada kegiatan sekedar membagi-bagikan hadiah atau bingkisan menjelang hari besar keagamaan, kegiatan amal, dan pemberian bantuan setelah kejadian bencana alam dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program CSR dan dampaknya serta untuk mengetahui perencanaan program CSR Wisata Dusun Semilir secara berkelanjutan. Peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan menggunakan teknik analisis pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini adalah dalam perencanaan program CSR ini Wisata Dusun Semilir memiliki langkah utama dalam pelaksanaan CSR yang terdiri dari 3 tahapan, pra-implementasi, implementasi serta monev (monitoring dan evaluasi). Dengan dilakukan langkah-langkah tersebut dapat menghasilkan manfaat seperti peningkatan reputasi perusahaan, loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen, dan keberlanjutan perusahaan. Hal ini membantu perusahaan memitigasi risiko dan memanfaatkan peluang terkait masalah sosial dan lingkungan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-17

Cara Mengutip

Rossa Rahmawati, E., & Kristiyani , D. N. (2024). Perencanaan Program Corporate Social Responsibility Berkelanjutan di Wisata Dusun Semilir. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 8(1), 48–64. https://doi.org/10.32534/jike.v8i1.6262

Terbitan

Bagian

Articles