STRATEGI KREATIF PEMASARAN ZAAFER INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK

Penulis

  • Al Hafizh Mubarak Hamdan Universitas Sumatera Utara
  • Dewi Kurniawati Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i1.5065

Abstrak

Komunikasi pemasaran di era digital saat ini semakin berkembang. Dengan adanya sosial media semakin mempercepat jalur promosi untuk sebuah perusahaan. Munculnya aplikasi Tiktok sebagai media baru menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan media promosi, didukung dengan jumlah pengguna Tiktok di Indonesia yang mencapai 113 juta sampai April 2023.

Zaafer Indonesia menggunakan aplikasi Tiktok sebagai media promosi, menjadi unik ketika menggunakan metode soft selling dalam penjualan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui isi konten akun  @zaaferindonesia dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui aplikasi Tiktok.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik  analisis konten  yang digunakan untuk  menganalisis serta  memahami mengenai pesan  simbolik dalam bentuk   seperti   dokumen, artikel, karya  sastra,   dan  lainnya yang  termasuk data tidak berstruktur.

Penelitian ini akan diamati dengan menggunakan analisis konten, product placement dan Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share)  dengan  metode  deskriptif kualitatif.  Observasi visual  pada  akun tiktok @zaaferindonesia  dikategorikan berdasarkan karakteristik adegan yang di dalamnya terdapat Pemasaran implisit, pemasaran gaya hidup, dan pemasaran emosional dalam membentuk citra merek Zaafer Indonesia.

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif Pemasaran Zaafer Indonesia dalam menyampaikan pesan  visual  yang  terdapat dalam  akun tiktok @zaaferindonesia.  Berdasarkan hasil analisis konten, product placement dan AISAS, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Zaafer Indonesia Indonesia memanfaatkan Platform Tiktok untuk mendapatkan awareness dari anak muda; 2) Walaupun product placement yang ditampilkan tidak disebutkan secara formal tetapi engagement akun tiktok @zaaferindonesia cukup tinggi; 3) Strategi kreatif iklan dalam akun tiktok @zaaferindonesia disampaikan menggunakan bahasa visual; 4) Iklan dalam akun tiktok @zaaferindonesia menggunakan pendekatan emosional, yaitu dengan menawarkan kemegahan, maskulinitas, elegan & Rupawan.

Kata Kunci: Komunikasi, Pemasaran, Analisis, Konten, Tiktok.

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Hamdan, A. H. M., & Kurniawati, D. . (2024). STRATEGI KREATIF PEMASARAN ZAAFER INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(1). https://doi.org/10.32534/jike.v7i1.5065

Terbitan

Bagian

Articles