Peran Humas Rumah Sakit Unand Dalam Mengelola Opini Publik di Media Online
DOI:
https://doi.org/10.32534/jike.v7i1.4033Abstrak
Penelitian ini membahas bagaimana opini publik mengenai Rumah Sakit Unand dan bagaimana peran Humas Rumah Sakit Unand dalam mengelola opini publik di media online. Penelitian ini menggunakan teori public sphere oleh Habermas serta public information model dari Grunig dan Hunt. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma post positif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat banyak opini negatif maupun positif yang muncul dari perspektif individu akibat interaksi dengan Rumah Sakit Unand. Humas Rumah Sakit Unand melakukan berbagai cara untuk mengelola opini publik negatif tersebut,yaitu menjalin kerjasama dengan media lokal untuk pengalihan isu serta pemberian klarifikasi mengenai suatu isu tentang Rumah Sakit Unand hingga melakukan tiga langkah untuk mengelola opini publik yaitu permintaaan maaf, verifikasi identitas pemberian penjelasan terkait yang dikeluhkan pasien hingga mengevaluasi pelayanan kepada poliklinik terkait.