ANALISIS TEORI SOME PADA PENGELOLAAN AKUN INSTRAGRAM @pesantrenbima

Penulis

  • Jamaludin Yusuf Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Uun Machsunah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ririn Risnawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ida Ri'aeni Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Teori SOME (Share, Optimize, Manage, Engage) dari Regina Luttrell  dalam mengelola akun instagram @pesantrenbima dalam  kegiatan bermedia sosial dengan perencanaan dan strategi yang optimal agar dapat mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan, salah satunya adalah membangun ikatan yang maksimal dengan khalayak yang dimiliki  plaform media sosial, yakni memanfaatkan keberadaan instagram  sebagai tools (alat) dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan objek penelitian akun instagram @pesantrenbima. Subjek penelitiannya adalah admin, ustad (guru) di Pesantren Bima, dan follower. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah: Share, akun instagram @pesantrenbima   tepat memilih media sosial instagram dan melakukan pemilihan serta pemilahan dalam menentukan konten yang akan disajikan. Optimize, akun instagram @pesantrenbima belum menggunakan fitur hastag yang disediakan oleh instagram secara menyeluruh tetapi hal baik yang sudah diimplementasikan adalah penyajian konten dalam ragam bentuk baik foto/gambar, video dan instagram story.

Manage, akun instagram @pesantrenbima telah menerapkan dengan baik komentar atau direct message dari publik yang akan ditanggapi, serta sudah melaksanakan monitoring untuk mengevaluasi konten yang telah disajikan.

Engage, akun instagram @pesantrenbima meraih target audiens mereka dengan cara menyesuaikan konten-konten yang mereka posting dengan  membuat konten yang menarik, kekinian dan dengan bahasa jelas, padat, serta mudah dipahami membuat informasi yang ingin disampaikan mudah diserap oleh para pengikutnya.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Teori SOME

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-02

Cara Mengutip

Yusuf, J. ., Machsunah, U., Risnawati, R., & Ri’aeni, I. (2024). ANALISIS TEORI SOME PADA PENGELOLAAN AKUN INSTRAGRAM @pesantrenbima. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 6(1), 64–77. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/jike/article/view/3467

Terbitan

Bagian

Articles