ANALISIS TEORI SOME PADA PENGELOLAAN AKUN INSTRAGRAM @pesantrenbima
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Teori SOME (Share, Optimize, Manage, Engage) dari Regina Luttrell dalam mengelola akun instagram @pesantrenbima dalam kegiatan bermedia sosial dengan perencanaan dan strategi yang optimal agar dapat mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan, salah satunya adalah membangun ikatan yang maksimal dengan khalayak yang dimiliki plaform media sosial, yakni memanfaatkan keberadaan instagram sebagai tools (alat) dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan objek penelitian akun instagram @pesantrenbima. Subjek penelitiannya adalah admin, ustad (guru) di Pesantren Bima, dan follower. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: Share, akun instagram @pesantrenbima tepat memilih media sosial instagram dan melakukan pemilihan serta pemilahan dalam menentukan konten yang akan disajikan. Optimize, akun instagram @pesantrenbima belum menggunakan fitur hastag yang disediakan oleh instagram secara menyeluruh tetapi hal baik yang sudah diimplementasikan adalah penyajian konten dalam ragam bentuk baik foto/gambar, video dan instagram story.
Manage, akun instagram @pesantrenbima telah menerapkan dengan baik komentar atau direct message dari publik yang akan ditanggapi, serta sudah melaksanakan monitoring untuk mengevaluasi konten yang telah disajikan.
Engage, akun instagram @pesantrenbima meraih target audiens mereka dengan cara menyesuaikan konten-konten yang mereka posting dengan membuat konten yang menarik, kekinian dan dengan bahasa jelas, padat, serta mudah dipahami membuat informasi yang ingin disampaikan mudah diserap oleh para pengikutnya.
Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Teori SOME