PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI HERCO DIGITAL INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32534/jike.v7i1.3309Abstrak
Dalam sebuah perusahaan loyalitas pelanggan memiliki peran yang penting. Persaingan bisnis semakin ketat antar institusi di akibatkan pelanggan yang semakin cerdas, sadar harga, dan banyak didekati oleh produk. Oleh karena itu dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang berfokus terhadap upaya untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Strategi komunikasi pemasaran yang berfokus terhadap upaya mempertahankan hubungan dengan pelanggan yaitu Customer Relationship Management. Herco Digital Indonesia menerapkan strategi Customer Relationship Management untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan terkait cara penerapan Customer Relationship Management yang dilakukan oleh Herco Digital Indonesia sebagai upaya menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Herco Digital Indonesia Ruko Mataram Plaza, Jl. MT. Haryono No. 427 – 429, Jagalan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menjelaskan dan mendekripsikan penerapan Customer Relationship Management dan menarik kesimpulan dari analisis tersebut.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Herco Digital indonesia menerapkan strategi Customer Relationship Management melalui cara kerja Customer Relationship Management dan proses Customer Relationship Management. Namun dalam pelaksanaanya terdapat beberapa point yang belum maksimal yaitu proses mengumpulkan data pelanggan dan identifikasi pelanggan, proses mencari informasi mengenai apa yang di inginkan pelanggan dari perusahaan dan mengembangkan serta implementasi program Customer Relarionship Management
Kata Kunci : Customer Relationship Management; Loyalitas Pelanggan; Komunikasi Pemasaran