Komunikasi Pembangunan Pariwisata Alam “Back to Nature” Pada Pengembangan Konsep Inovasi “ Glamour Camping” Ciremailand Kuningan Jawa Barat

Penulis

  • Ajeng Ayu Wulandari Universitas Gunadarma
  • Husnita

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v6i1.3216

Abstrak

 

ABSTRAK

Saat ini kegiatan pariwisata harus memperhatikan kebijakan pembangunan wisata berkelanjutan, dengan konsep pengelolaan “back to nature” dengan tujuan menjaga dan memlihara lingkungan pariwisata tetap terjaga. Wisata Ciremailand glamping merupakan salah satu konsep pembangunan wisata alam dengan adanya inovasi pengembangan wisata alam berbasis lingkungan yang ada di kabupaten Kuningan Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keputusan terkait adopsi pengembangan inovasi wisata ciremailand glamping dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan konstruktivis dimana manusia yang mengkonstruksi dalam realitas sosial mereka, baik itu melalui pemberian makna maupun pemahaman perilaku secara aktif dan kreatif mengembangkan respons terhadap stimulus dalam dunia kognitifnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian sudah sesuai dengan tujuan penelitian dan dikatakan sudah seseuai dengan teori proses difusi inovasi yang diungkapkan oleh oleh Everett M. Rogers yaitu knowledge, persuasive, implementation, decision dan confirmation , bahwa subjek penelitian mengkonfirmasi dan memutuskan untuk mengadopsi adanya pengembangan inovasi wisata ciremailand glamping sebagai pembangunan wisata berkelanjutan  yang bermanfaat dalam memelihara lingkungan pariwisata di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Kata Kunci : Pembangunan, Pariwisata, lingkungan, Inovasi, Ciremailand

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Wulandari, A. A., & Husnita. (2022). Komunikasi Pembangunan Pariwisata Alam “Back to Nature” Pada Pengembangan Konsep Inovasi “ Glamour Camping” Ciremailand Kuningan Jawa Barat. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.32534/jike.v6i1.3216

Terbitan

Bagian

Articles