PERAN GRUP MUSIK KOREA BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA

STUDI FENOMENOLOGI KOREAN WAVES DI INDONESIA

Penulis

  • Maria Christy Felinsia Kumaunang 081311194611

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v6i2.3037

Abstrak

Demam Korean Wave sangat berpengaruh bagi masyrakat Indonesia. Korean wave memiliki daya tarik tersendiri hingga dijadikan refleksi kebanggaan nasional. Sehingga pada era ini banyak perusahaan Indonesia yang ingin mengaet Artis asal

Korea Selatan. Salah satu yang banyak diminati korean wave dalam Indonesia adalah Industri Musik popnya atau bisa dikenal sebagai K-POP. Penelitian penulis membahas mengenai. Peran Grup Musik Korea BTS sebagai Brand Ambassador Tokopedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran BTS sebagai Brand Ambassador Tokopedia,Mengetahui tingkat penjualan perusahaan Tokopedia serta Mengapa BTS yang dipilih oleh Tokopedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang berusaha menjabarkan fakta secara rinci dan sistematis berdasarkan data lapangan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenologi. Pendekatan fenomenologi, menurut Polkinghorne (1989) dalam Creswell (2014: 452), menggambarkan arti sebuah pengalaman hidup beberapa orang tentang sebuah konsep atau fenomena. Proses pengumpulan data, dilakukan melalui observasi online serta wawancara. Hasil penelitian yang didapat bahwa peran Grup musik Pria asal Korea Selatan BTS menjadi Brand Ambassador Tokopedia Dalam upaya melakukan brand company,Tokopedia menilai bahwa BTS mempunyai tujuan dan selaras dengan Tokopedia sehingga Tokopedia menjadikan  mereka sebagai Brand Ambassador karena hal ini didukung oleh fakta bahwa mayoritas masyarakat Indonesia saat ini sudah beralih menggunakan Tokopedia dibanding dengan E-commerce lainnya

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Kumaunang, M. C. F. (2024). PERAN GRUP MUSIK KOREA BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA: STUDI FENOMENOLOGI KOREAN WAVES DI INDONESIA. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 6(2). https://doi.org/10.32534/jike.v6i2.3037

Terbitan

Bagian

Articles