Pengelolaan PENGELOLAAN REPUTASI PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DALAM KASUS PENGIRIMAN BARANG YANG LAMA

Penulis

  • Ade Maulida Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v6i2.3003

Abstrak

Pada beberapa tahun belakangan ini PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menuai banyak sekali komplain dari para customer-Nya mengenai pengiriman barang yang sangat lama, kejadian ini menyebabkan adanya review negative dari para customer JNE lainnya di berbagai platform Media Online, oleh karena itu Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui atau menggali reputasi perusahaan JNE melalui pengelolaan perusahaan berdasarkan aduan atau keluhan dari para konsumennya di berbagai platform Media Online, dengan berdasarkan pada elemen-elemen Online Reputation Management, diantaranya adalah Review Sites, Blog Post, Sosial Media, Forums, Competitor Websites dan Press Release, melalui teori dan konsep dari reputasi dan Manajemen Isu. Penulisan ini disusun dengan melakukan pengamatan melalui pemberitaan di berbagai platform Media Online. Dalam merespon pemberitaan tersebut JNE menanggapi dengan hal-hal yang positif, yakni dengan memberikan penjelasan mengenai permasalahan tersebut dan juga memberikan fasilitas untuk menyampaikan komplain atau bertanya seputar JNE dan melakukan berbagai upaya seperti menunjukan berbagai macam CSR, Kampanye, Program-program Positif di Media Sosial. Upaya yang dilakukan JNE tersebut yaitu dengan selalu menunjukkan pemberitaan tentang komitmen perusahaan serta tanggung jawab sosialnya, dapat memahami para pelanggannya agar tidak membuat keluhan yang bersifat Negatif, yang tentunya jika komplain negative tersebut terus-menerus dilakukan dapat merusak reputasi  JNE itu sendiri.

 

Kata Kunci : Reputasi, Online Reputation Management, Manajemen Isu, PT Tiki Jalur Nugaraha Ekakurir (JNE)

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Maulida, A. (2024). Pengelolaan PENGELOLAAN REPUTASI PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DALAM KASUS PENGIRIMAN BARANG YANG LAMA. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 6(2). https://doi.org/10.32534/jike.v6i2.3003

Terbitan

Bagian

Articles