PENGGUNAAN LINE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ORGANISASI

(Studi Kualitatif Deskriptif Media Sosial LINE Pada BEMP Ilmu Komuniikasi UNJ Periode 2021/2022)

Penulis

  • Amanda Kanary Putri Universitas Negeri Jakarta
  • K.Y.S Putri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i1.2817

Abstrak

LINE adalah sebuah media baru yang termasuk ke dalam media sosial yang berfungsi sebagai alat pengirim pesan secara instan dan lebih efektif jika digunakan sebagai media untuk berkomunikasi. LINE dianggap cukup efektif dalam menjalin interaksi antaranggota dan memiliki afiliasi yang tinggi karena memiliki fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam penggunaannya. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana penggunaan aplikasi LINE pada komunikasi organisasi di BEMP Ilmu Komunikasi UNJ Periode 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menetahui dan mendeskripsikan tingkat keefektifan penggunaan media sosial LINE sebagai media pertukaran pesan dan berinteraksi antaranggota BEMP Ilmu Komunikasi UNJ Periode 2020/2021. Metode yang dipilih penulis adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik sampling yaitu purposive sampling (teknik pengambilan sampel dengan menambahkan kriteria tertentu) yang diantaranya yaitu aktif dalam organisasi (BEMP Ilmu Komunikasi UNJ), menggunakan aplikasi LINE sebagai media komunikasi organisasi, dan aktif melakukan pertukaran pesan secara online di organisasi. Hasil dari penelitian ini adalah melakukan komunikasi melalui media sosial LINE jauh lebih efektif, nyaman, dan terbuka karena tidak adanya respons yang cenderung spontanitas. LINE dapat memotong jarak, waktu, dan sumber daya serta dapat mencapai kepuasan komunikasi dalam organisasi.

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Putri, A. K., & Putri, K. (2024). PENGGUNAAN LINE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ORGANISASI: (Studi Kualitatif Deskriptif Media Sosial LINE Pada BEMP Ilmu Komuniikasi UNJ Periode 2021/2022). JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(1). https://doi.org/10.32534/jike.v7i1.2817

Terbitan

Bagian

Articles