Analisis Efektivitas Analisis Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Pasco.lpg dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.32534/jike.v6i1.2678Abstrak
Pasco.lpg merupakan salah satu pioneer ice blend yang berdiri kembali pada tahun 2019 dengan konsep Easy To Operate. Membidik ceruk pasar dimana terlalu banyak kopi dipasaran, menjadikan varian non-coffee sebagai celah pasar dengan mengandalkan teknik pemasarannya sebagai tameng. Sempat mengalami penurunan dikarenakan adanya pandemi Covid-19, Pasco.lpg memanfaatkan media sosial sebagai media untuk promosi dan tetap melakukan kegiatan penjualan secara online. Perkembangan teknologi dan internet seperti sekarang ini mempengaruhi kegiatan penjualan dari Pasco.lpg. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui sekaligus menganalisis efektivitas dari strategi komunikasi pemasaran dijalankan oleh Pasco.lpg. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara hingga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pasco.lpg bekerja dengan baik dalam meningkatkan minat dan perhatian konsumen. Karena banyak masyarakat Lampung yang suka minum kopi, maka persaingan industri minuman di Kota Bandar Lampung sangat ketat namun Pasco.lpg berhasil menggunakan strategi komunikasi pemasaran dengan efektivitas yang berjalan lancar serta sesuai dengan hasil penjualan Pasco.lpg pada tahun 2021 lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.