KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

(Studi Kasus TPQ Darul Furqon Cirebon)

Penulis

  • Muhammad Iqbal Manshur Prodi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v5i1.2582

Abstrak

Kesadaran konsumen yang tumbuh dapat berimplikasi kepada keberhasilan sebuah perusahaan. Salah satu upaya untuk membangun citra perusahaan di Era digital ini adalah dengan brand awareness. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Darul Furqon di Kabupaten Cirebon sebagai pelaku bisnis non profit. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi pemasaran yang tepat untuk membangun kesadaran merek pada TPQ Darul Furqon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan TPQ Darul Furqon dan berbagai kendala yang dihadapi dalam membangun brand awareness. Penelitian melalui pendekatan kualitatif dengan teknik informan purposive sampling pada tiga kategori Masyarakat Orang Tua yang berbeda. Analisis data dengan mengumpulkan dan mengelompokan data yang diperoleh dari hasil obeservasi, wawancara dan dokementasi. Berdasarkan hasil penelitian, TPQ Darul Furqon sebagai brand menggunakan enam unsur pemasaran, diantaranya yaitu periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, pemasaran via internet, pengadaan acara keagamaan dan pengalaman serta berita dari mulut ke mulut. Komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui mulut ke mulut (word of mouth), dianggap lebih efektif kepada masyarakat sekitar. Keterbatasan sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang belum terpenuhi adalah kendala utama pada komunikasi pemasaran dalam membangun brand awareness.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Brand Awareness

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Manshur, M. I. (2022). KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS: (Studi Kasus TPQ Darul Furqon Cirebon). JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 5(1), 104–112. https://doi.org/10.32534/jike.v5i1.2582

Terbitan

Bagian

Articles