STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BONGSANG DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN EKONOMI (Studi Kasus Komunikasi Personal Selling Pengrajin Bongsang Tahu di Desa Cijeruk Sumedang Untuk Mempertahankan Konsumen di Masa Pandemi Covid-19)

Penulis

  • Epa Nopiani Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v5i2.2496

Abstrak

Pandemi Covid-19 mempengaruhi segala aspek kehidupan, salah satunya aspek ekonomi, yaitu sisi produksi maupun permintaan. Dampaknya terjadi karena keterbatasan sumber daya, upaya social distancing, dan akibat terganggunya fungsi dari sektor distribusi. Dimana ini juga dialami oleh pengrajin Bongsang Tahu Desa Cijeruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran personal selling pengrajin Bongsang Desa Cijeruk untuk mempertahankan konsumen dalam menghadapi perubahan ekonomi selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan observasi, teknik analisa data menggunakan tri angulasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) komunikasi personal selling berperan penting dalam proses komunikasi pemasaran bongsang tahu bagi pengrajin di Desa Cijeruk. 2) kegiatan personal selling dilakukan pengrajin bongsang tahu karena dianggap mudah, praktis, murah dan terhindar dari penipuan. 3) Pengrajin Bongsang mempertahankan konsumen di masa Pandemi Covid-19 dengan menjaga kualitas bongsang, dan menstabilkan waktu produksi. 4) Kelebihan komunikasi personal selling yaitu proses komunikasi pemasaran berjalan lancar tanpa hambatan, biaya yang dikeluarkan murah, tidak akan terjadi penipuan karena dapat memahami karakter konsumen. Sedangkan kekurangannya yaitu minimnya proses promosi dalam proses komunikasi pemasaran yang dilakukan pengrajin bongsang tahu di Desa Cijeruk.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Nopiani, E. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BONGSANG DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN EKONOMI (Studi Kasus Komunikasi Personal Selling Pengrajin Bongsang Tahu di Desa Cijeruk Sumedang Untuk Mempertahankan Konsumen di Masa Pandemi Covid-19). JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 5(2), 207–221. https://doi.org/10.32534/jike.v5i2.2496

Terbitan

Bagian

JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek