Keterlibatan Komunitas Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Cirebon Melalui Perspektif Ekonomi Pembangunan

Penulis

  • DESSY KUSHARDIYANTI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v5i2.2493

Abstrak

Kehadiran New Media tidak hanya sebatas pertukaran informasi, namun media untuk melibatkan banyak komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam mensejahterakan masyarakat dalam satu wilayah geografis, yaitu perkembangan ekonomi kreatif di Kota Cirebon. Penelitian ini menyusuri dan menganalisis konten  salah satu sosial media Instagram untuk melihat community engagement melalui serangkaian berita-berita online di Instagram, khususnya di sektor ekonomi kreatif. Hasil penelitian menyebutkan peran sosial media Instagram ditinjau dari analisis isi memberikan dampak dan pengaruh besar terhadap ekonomi pembangunan di kota Cirebon ditinjau dari pendapat, ajakan, edukasi beberapa pengguna akun Instagram karena terlihat adanya community engagement di beberapa unggahan untuk memajukan kota Cirebon sebagai kota jasa di Indonesia. Peran serta pelaku usaha/wirausaha memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi pembangunan dan ekonomi kreatif karena temuan dan banyaknya pelaku wirausaha memiliki barang dan jasa dengan keunikan masing-masing serta besarnya penggunaan sosial media Instagram sebagai salah satu pemanfaatan teknologi dilihat dari teori ekonomi pembangunan Rostow. Disimpulkan bahwa banyaknya wirausaha dan pemanfaatan teknologi didalamnya menjadi kota Cirebon termasuk dalam self-sustained dan berperan besar terhadap ekonomi pembangunan negara.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

KUSHARDIYANTI, D. (2022). Keterlibatan Komunitas Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Cirebon Melalui Perspektif Ekonomi Pembangunan. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 5(2), 144–155. https://doi.org/10.32534/jike.v5i2.2493

Terbitan

Bagian

JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek