TRANSFORMASI MEDIA BISNIS DI ERA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Syfa Khoerunisa Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v6i1.2324

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi para pemilik bisnis dari cara konvensional ke platform digital untuk mempertahankan usahanya di era pandemi covid-19. Beberapa kebijakan telah diterapkan pemerintah guna menekan penyebaran covid-19 salah satunya yaitu pembatasan sosial berskala besar. Kebijakan tersebut menimbulkan dampak yang serius terhadap para pelaku bisnis di Indonesia. Para pelaku bisnis tersebut merubah gaya berbisnis dan berkomunikasi terhadap pelanggan, salah satunya dalam pemasaran dan menawarkan jenis produk kepada masyarakat luas. Sebagian besar para pelaku usaha pada saat ini memilih memanfaatkan sosial media dan aplikasi toko online yang lebih menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Beberapa jejaring sosial dan aplikasi toko online yang banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha antara lain facebook, instagram, tiktok, shopee, zalora, toko pedia, lazada,dan lain sebagainya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Khoerunisa, S. (2022). TRANSFORMASI MEDIA BISNIS DI ERA PANDEMI COVID-19. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32534/jike.v6i1.2324

Terbitan

Bagian

Articles