PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN DISTRIBUTOR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGECER PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS (STUDI PADA PT TIGARAKSASATRIATBK. KOTA CIREBON)

Authors

  • Mohamad Djadjuli Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Hilman Juanda Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v13i2.869

Abstract

Kepuasan konsumen akan terbentuk jika dapat memenuhi harapan-harapan dasar konsumen. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, diantaranya harga produk dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis: (1) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen PT. Tigaraksa Satria Kota Cirebon, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Tigaraksa Satria Kota Cirebon, dan (3) menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Tigaraksa Satria Kota Cirebon. Penelitian dilakukan pada PT. Tigaraksa Satria Tbk., dari bulan Januari sampai Februari 2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan teknik penelitian survey deskriptif. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara dengan konsumen pengecer PT. Tigaraksa Satria Tbk. Cirebon sebagai responden menggunakan daftar pertanyaan, dan data sekunder diperoleh dari instansi yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Untuk mengetahui pengaruh harga produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengecer digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga produk secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengecer. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik harga produk (murah), maka akan meningkatkan kepuasan konsumen pengecer, (2) Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengecer. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, maka akan meningkatkan kepuasan konsumen pengecer, dan sebaliknya jika kualitas pelayanan yang diberikan kurang baik, akan menurukan kepuasan konsumen pengecer, dan (3) Harga produk dan kualitas pelayanan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsemen pengecer. Peningkatan kualitas pelayanan yang baik dan penetapan harga produk yang tercangkau konsumen dapat meningkatkan kepuasan konsumen pengecer.

Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Downloads

Published

2018-11-27

How to Cite

Djadjuli, M., & Juanda, H. (2018). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN DISTRIBUTOR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGECER PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS (STUDI PADA PT TIGARAKSASATRIATBK. KOTA CIREBON). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 127–133. https://doi.org/10.32534/jv.v13i2.869