HUBUNGAN LIFE SKILL DAN MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK LEMBAGA PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI KABUPATEN CIREBON)

Authors

  • Dadang Priyono Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Teti Herawati Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v13i2.864

Abstract

Pendidikan kewirausahaan secara umum adalah proses pendidikan yang menerapkan prinsip- prinsip dan metodologi ke arah pembentukan kecakapan hidup (life skill) pada peserta didiknya melalui kurikulum terintegrasi yang dikembangkan di sekolah, lembaga pendidikan keterampilan maupun di perguruan tinggi. Minat adalah seperangkat mental yang terdiri dari suatu campuran perasaan, harapan, pendirian, kecenderungan yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu.

Peneliti ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh life skill terhadap minat berwirausaha peserta didik Lembaga Pendidikan Keterampilan di Kabupaten Cirebon. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Lembaga Pendidikan Keterampilan yang berjumlah 125 peserta didik dari 5 LPK, masing-masing LPK 25 peserta. Hal ini terkait dengan kuota program pelatihan dari pemerintah masing-masing LPK 25 peserta.

Pengambilan sampel yang akan diteliti harus mewakili populasi yang ada. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan sampling jenuh. SamplIng jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampe (Sugiono, 2017). Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 125. Metode analis data dengan regresi linier sederhana. Data diolah dengan bantuan program SPSS forWindows Release 18.0

Berdasarkan uraian dan analisis yang dilakukan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1. Pendidikan Life skill berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha pada Lembaga Pendidikan Keterampilan di Kab. Cirebon, 2. Pendidikan Life skill berpengaruh sebesar 32,7% terhadap minat berwirausaha pada Lembaga Pendidikan Keterampilan di Kab. Cirebon. Sedangkan sisanya sebesar 77,3% merupakan pengaruh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

 Kata Kunci: Life Skill, Minat Berwirausaha, Wirausaha

Downloads

Published

2018-11-27

How to Cite

Priyono, D., & Herawati, T. (2018). HUBUNGAN LIFE SKILL DAN MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK LEMBAGA PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI KABUPATEN CIREBON). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 111–121. https://doi.org/10.32534/jv.v13i2.864