IMPLEMENTASI KEPATUHAN SYARIAH MELALUI OPTIMALISASI DEWAN SYARIAH NASIONAL DAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH (SEBUAH PENDEKATAN KERANGKA DASAR)

Authors

  • Eko Prasojo STIES Putera Bangsa Tegal
  • Reza Widhar Pahlevi Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v14i2.757

Abstract

Berkembangnya ekonomi syariah, khususnya lembaga keuangan syariah menuntut adanya pemenuhan prinsip syariah. DSN dan DPS sebagai pihak yang memberikan jaminan terhadap kepatuhan syariah telah berupaya untuk mengaplikasikannya. Sampai saat ini banyak fatwa yang diterbitkan. Namun berbagai keterbatasan terutama sumber daya menyebabkan penegakan kepatuhan syariah belum berjalan optimal. Disamping itu banyaknya masyarakat rasional yang belum siap menggunakan produk lembaga keuangan dengan prinsip syariah secara murni ikut menyumbang belum maksimalnya pemenuhan prinsip syariah. Harapan waktu yang akan datang, semua pihak termasuk masyarakat harus terus mendukung perkembangan ekonomi syariah dengan tingkat kepatuhan syariah yang tinggi.

Isu tentang kepatuhan syariah senantiasa aktual di mana pihak perbankan syariah dituntut untuk inovatif dan berorientasi pada bisnis, sebagaimana perbankan sistem konvensional. Fakta ini mendorong perbankan syariah untuk mengambil posisi sedemikian rupa antara keharusan mengakomodasi tuntutan nasabah dan bisnis sebagaimana tersebut yang boleh jadi bertentangan dengan prinsip syariah dan keterikatan oleh apa yang disebut dengan kepatuhan syariah. Seluruh jajaran lembaga keuangan syariah wajib memahami seluruh ketentuan perundangan yang berlaku, sehingga kepatuhan merupakan tanggung jawab setiap individu dan tidak semata-mata tanggung jawab dari divisi Kepatuhan, demikian juga budaya kepatuhan (Compliance Culture) juga merupakan unsur penting dari seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Bank mulai dari jajaran tertinggi yaitu Direksi sampai pegawai terendah jajaran Bank.

Kata Kunci: Ekonomi Syariah, Kepatuhan Syariah, Perbankan Syariah

Downloads

Published

2019-11-25

How to Cite

Prasojo, E., & Pahlevi, R. W. (2019). IMPLEMENTASI KEPATUHAN SYARIAH MELALUI OPTIMALISASI DEWAN SYARIAH NASIONAL DAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH (SEBUAH PENDEKATAN KERANGKA DASAR). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 14(2), 209–223. https://doi.org/10.32534/jv.v14i2.757