Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pengembangan Unit Pelaksana Teknis Logam Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5543Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats dalam penentuan strategi pengembangan pada Unit Pelaksanaka Teknis (UPT) Logam di Kota Yogyakarta. Hal ini terkait dengan permasalahan yang dialami UPT Logam mengenai kurangnya minat industri kecil menengah logam untuk menggunakan pelayanan jasa dari UPT Logam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang di hadapi UPT Logam, serta merancang strategi pengembangan UPT Logam. Metode penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kekuatan UPT Logam berupa dana yang cukup banyak sehingga mampu menyediakan mesin yang canggih serta lokasi yang strategis karena berada di wilayah industri kecil dan menengah. Namun, UPT Logam tidak memiliki divisi pemasaran sehingga kesulitan dalam memasarkan layanan kepada konsumen serta industri kecil dan menengah kurang melakukan inovasi produk. Berdasarkan analisis SWOT tersebut maka rencana strategis yang dapat dilakukan oleh UPT Logam yaitu strategi WT karena dapat memperbaiki kelemahan dan ancaman.
Keywords:
Analisis SWOT, Strategi Pengembangan, Industri Kecil dan Menengah, IKM LogamReferences
Afridhal, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 1(3), 223–233. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/210812/strategi-pengembangan-usaha-roti-tanjong-di-kecamatan-samalanga-kabupaten-bireue
Akbar, Y. R., & Mar’aini. (2022). Optimasi Produksi pada Industri Kecil dan Menengah Karya Unisi dengan Penerapan Model Linear Programming. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2883-2892. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1255
Anoraga, P., & Sudantoko, D. (2002). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. PT Rineka Cipta.
Arifen, S. R., Purwanty, V. D., Suci, D. A., Agustiawan, R. H., & Sudrajat, A. R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Politeknik STIA LAN Bandung, 3(1), 1-7. Retrieved from https://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/view/112
Awaludin, M., Maryam, St., & Firmansyah, M. (2023). Analisis Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Industri Kecil dan Menengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Konstanta Ekonomi Pembangunan, 2(1), 156-174. Retrieved from https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/konstanta/article/view/461/341
Bakhri, S., Aziz, A., & Khulsum, U. (2019). Analisis SWOT untuk Strategi Pengembanga Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 64-81. Retrieved from https://jurna;.syekhnurjati.ac.id/index.php/dimasejati/article/view/5407
Candana, D. M., & Afuan, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Cafe Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 151-152. Retrieved from https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/252
David, F. R. (2004). Manajemen Strategi Konsep-Konsep. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik Analisis SWOT: Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif dan Efisien Serta Cara Mengelola Kekuatan dan Ancaman. Anak Hebat Indonesia.
Felicia, A., Tahar, A. F., Permana, F., Emilia, M., Faris, M. A., & Haris, M. F. (2020). Peluang Bisnis Usaha Masker Kain dan Hand Sanitizer. Journal of Enterpreneurship, Management, and Industry, 3(3), 129-134. Retrieved from https://journal.bakrie.ac.id/index.php/JEMI/article/view/2114
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryani, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita, Ed.). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=CRL2DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Fitriani, R., Nugraha, & Djamaludin. (2020). Strategi Pengembangan Sektor Industri Alas Kaki Berbahan Kulit dengan Metode Analisis SWOT dan Bisnis Model Canva. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 18, 34–42. Retrieved from https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/11753
Gunawan, B., Shaleh, M., Anbar Nisrina, & Sanjaya, R. (2020). Strategi Pengembangan Teknologi E-Commerce UMKM Rumah Sayur Lembang Menggunakan Metode Analisis SWOT. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 1–13. Retrieved from https://www.ejournal.uniks.ac.id/inndex.php/JTOS/article/view/526
Hasoloan. A. (2018). Peranan Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis. Jurnal Warta, 57. Retrieved from https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/141/136
Indrawijaya, A. I. (1989). Perilaku Organisasi. Sinar Baru Algensindo.
Istiqomah., & Andriyanto, I. (2017). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudu). Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363-382. Retrieved from https://journal/iainkudus.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/3019
Jogiyanto. (2005). Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Penerbit Andi Offset.
Kurniawan, M., & Haryati, N. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 6, 97–102. Retrieved from https://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/258/271
Kusumayuda, Y., Isnaini, F., & Darwis, D. (2022). Penerapan Model Altman Z-Score untuk Analisis Kebangkrutan Perusahaan Menggunakan (Sub Sektor Perusahaan Makanan dan Minuman Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 2, 1-8. Retrieved from https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jimasia/article/view/1873
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia.
Muhammad, M. (2018). Analisis SWOT sebagai Strategi Pengembangan Usahatani Buah Naga Merah (Hylocereus Costaricensis) Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Ilmiah Agribisnis Dan Perikanan, 11(1), 28-37. Retrieved from https://www.ejournal.stipwunaraha.ac.id/AGRIKAN/article/view/198
Muhammad, S. (2017). Manajemen Strategik: Konsep dan Alat Analisis (6th ed.). UPP STIM YKPN.
Pamungkas, T. I., Kurniansyah, D., & Ramdani, R. (2022). Strategi Unit Pelaksana Teknis Dinas Penelitian dan Pengembangan Keramik Dalam Peningkatan Pemasaran Keramik Plered Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 1-18. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana/article/view/7962
Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A., & Hidayat, K. (2017). Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Porduksi Kerupuk. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 17-24. Retrieved from https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika/article/view/64
Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKMGosimplywedding Sukabumi. Jurnal Manajemen, Koperasi & Enterpreneurship, 9(2), 224-240. Retrieved from https://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur/article/view/516
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Sevice Learning, 6(1), 112-121. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/40965
Rahayuningsih, Y. (2020). Berbagai Faktor Internal dan Eksternal serta Strategi Untuk Pengembangan Porang (Amorphophalus Muelleri Blume) di Provinsi Banten. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 4(2), 77-92. https://ejournal.bappeda.bantenprov.go.id/index.php/jkpd/article/view/106
Rahmadani, R. D., & Subroto, W. T. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 10(2), 167-181. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/18022
Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2013). Analisis SWOT Sebagai Landasan dalam Menentukan Strategi Pemasaran (studi McDonald’s Ring Road). Media Informasi Manajemen.
Santosa, A. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1257-1272. https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1770
Syaiful, F. F., & Elihami, E. (2020). Penerapan Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah di Tengah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 343-359. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/583
Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jrbm/article/view/12751
Widowati, I., Riany, D. A., & Andrianto, F. (2022). Analisis SWOT untuk Pengembangan Bisnis Kuliner (Studi Kasus pada UMKM Rapat Sodara Food Purwakarta). Jurnal Teknologika, 12(1), 1-11. https://www.jurnal.wastukancana.ac.id/index.php/teknologika/article/view/161
Wijaya, F., & Sultan, Mokh. A. (2019). Formulasi Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canva. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 205-211. https://pdfs.semanticscholar.org/4f89/00eea47dc98d40399a8be9319c1443476d48.pdf