Dampak Perilaku Konsumen Dan Pengaruhnya Terhadap Perluasan Merek Wewangian Mewah
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5040Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak perilaku konsumen pada strategi perluasan merek dalam industri parfum mewah. Analisis regresi terhadap 102 responden mayoritas berpendidikan tinggi menunjukkan terdapat hubungan kuat antara perluasan merek dan perilaku konsumen, memberikan pengaruh 16,9% pada keputusan pembelian. Keputusan pembelian didasarkan pada aroma, ketahanan, dan harga produk, sementara merek mewah mencerminkan identitas dan pengalaman emosional konsumen. Merek parfum mewah disarankan untuk menyelaraskan strategi pemasaran dengan lebih memahami preferensi konsumen terhadap aroma, durabilitas, dan keterjangkauan harga; membangun citra merek melalui promosi terpadu dan inovasi produk; serta memperluas portofolio dengan mempertimbangkan konteks situasional. Penyelarasan dengan faktor-faktor perilaku konsumen dapat memperkuat posisioning dan keunggulan kompetitif merek di pasar parfum mewah. Kesadaran merek dan koneksi emosional juga substansial bagi merek parfum mewah untuk menumbuhkan loyalitas.
Keywords:
Wewangian, Perilaku Konsumen, Perluasan MerekReferences
Aaker, D. A. (1996). Measuring Brand Equity Across Products and Markets (Vol. 38, Issue 3).
Ajitha, S., & Sivakumar, V. J. (2017). Understanding the effect of personal and social value on attitude and usage behavior of luxury cosmetic brands. Journal of Retailing and Consumer Services, 39, 103–113. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.07.009
Albrecht, C. M., Backhaus, C., Gurzki, H., & Woisetschläger, D. M. (2013). Drivers of brand extension success: What really matters for luxury brands. Psychology and Marketing, 30(8), 647–659. https://doi.org/10.1002/mar.20635
Amatulli, C., & Guido, G. (2011). Determinants of purchasing intention for fashion luxury goods in the Italian market: A laddering approach. Journal of Fashion Marketing and Management, 15(1), 123–136. https://doi.org/10.1108/13612021111112386
Ardelet, C., Slavich, B., & de Kerviler, G. (2015). Self-referencing narratives to predict consumers’ preferences in the luxury industry: A longitudinal study. Journal of Business Research, 68(9), 2037–2044. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.02.017
Ardelia, & Supriono. (2017). Pengaruh Brand Credibility dan Brand Prestige Terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli (Survei pada konsumen kosmetik merek Chanel). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 50(3).
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897
Asprilia, M. T. (2017). Studi deskriptif mengenai gambaran luxury value perception pada pengguna tas merek Louis Vuitton (Thesis). Bandung, ID: Universitas Padjadjaran.
Asprilia, M.T., & Azhar El Hami. (2021). Persepsi Nilai Mewah Pada Konsumen Tas Branded: Kajian Nilai Budaya Di Indonesia. Jur. Ilm. Kel. & Kons., Januari 2021, p : 76-87 Vol. 14, No.1. http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2021.14.1.76
[BPS] Badan Pusat Statistik. (2020). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi Januari 2020. Jakarta, ID: BPS.
Berthon, P., Pitt, L., Parent, M., & Berthon, J.-P. (2009). Aesthetics and Ephemerality: Observing and Preserving the Luxury Brand. California Management Review, 52(1), 45-66. https://doi.org/10.1525/cmr.2009.52.1.45
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/metodologi-penelitian-kualitatif-burhan-bungin/
Candra, M., & Abadi, F. (2018). The influence of value perceptions on purchase intention towards luxury fashion products in Jakarta. Jurnal Bina Manajemen, 6(2), 157–176.
Chusniartiningsih, E. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 2 –Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 7(1), 85–95
Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1786
Figueiredo, J., & Eiriz, V. (2020). Fragrances’ luxury brand extension: consumer behaviour and influences. EuroMed Journal of Business, 16(2), 241–258. https://doi.org/10.1108/EMJB-04-2020-0038
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.
Ghoni, A., & Bodroastuti, T. (2012). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap perilaku konsumen: Studi pada pembelian rumah di perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, 1(1). 1-23.
Heine, K. (2012). Concept of luxury brands. Retrieved from http://www.conceptofluxurybrands.com/con cept-of-luxury-%0Abrands/definition-ofluxury-brands
Hudders, L., Pandelaere, M., & Vyncke, P. (2013). Consumer meaning making: The meaning of luxury brands in a democratised luxury world. International Journal of Market Research, 55(3), 391–412. https://doi.org/10.2501/IJMR-2013-036
Indraswari, N. R., & Susanti, Ety Dwi. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada Burger King Selama Pandemi Covid-19: Studi Pada Burger King di Sidoarjo. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 650–666. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.1728
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–126. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331
Jain, S., Khan, M. N., & Mishra, S. (2017). Understanding consumer behavior regarding luxury fashion goods in India based on the theory of planned behavior. Journal of Asia Business Studies, 11(1), 4–21. https://doi.org/10.1108/JABS-08-2015-0118
Jusuf, D. I. (2018). Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online. Yogyakarta: ANDI.
KIM, J. E., & CHUNG, J. Y. (2019). Consumers’ purchase intention toward luxury brand extensions. 57.
Klaschka, Ursula. (2020). Between attraction and avoidance: from perfume application to fragrance-free policies. Environ Sci Eur. 2020; 32(1): 98. University of Applied Sciences, Prittwitzstraße 10, 89075 Ulm, Germany.
Ko, E., Costello, J. P., & Taylor, C. R. (2019). What is a luxury brand? A new definition and review of the literature. Journal of Business Research, 99, 405–413. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.08.023
Kristiana, I., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Parfum Oxy Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9.
Le Monkhouse, L. B. (2012). The influence of face and group orientation on the perception of luxury goods. International Marketing Review, 5-29.
Linden, A. R. (2016). An analysis of the fast fashion industry. Retrieved from https://digitalcommons.bard.edu/cgi/viewco ntent.cgi?referer=&httpsredir=1&article=10 33&context=senproj_f2016.
Mardikaningsih, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 1(1), 1–8.
Mayasari, I., & Viadi, I. (2017). Purchasing massive prestige brands: The exploration of consumers' value perceptions. Asean Marketing Journal, 9(1), 1-17. doi:10.21002/amj.v9i1.4447.
Mentari, A., & Armia, S. (2016). Pengaruh faktor demografi terhadap keputusan pembelian mobil di Kota Banda Aceh dengan persepsi merek mewah sebagai variabel mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 23-36. doi:10.24815/jimen.v1i1.31.
Nugroho, R. W., Insani, S. F., & Bambang Nur Cahyaningrum. (2020). Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Ekuitas Merek Nike Di Media Sosial Pada Kalangan Konsumen Muda. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe/article/view/723/540
Nurfadhilah, Bakhtiar Tijjang, L. R. (2021). Strategi Pemasaran Hubungannya Dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2), 132–139. http://stieamsir.ac.id/journal/index.php/man/article/view/71/61
Nurfadilah, S. D. (2021). Analisis Perubahan Perilaku Konsumen E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada konsumen Shopee di Kota Sukabumi). International Journal Administration Business & Organization, 2(1), 16–23.
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Prayoga, Y., & Pohan, M. Y. A. (2022). Electronic Word of Mouth (eWOM): Menguji Pengaruh Pengalaman Positif, Persepsi Kualitas dan Kepercayaan. Studi Kasus: Restoran di Labuhanbatu. J-MAS Jurnal Manajemen Dan Sains, 7(1), 283. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.393
Putra, A. H. P. K., Said, S., & Hasan, S. (2017). Pengaruh Karakteristik Toko dan Produk Bagi Konsumen di Indonesia Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 5(2).
Sagita, Fitri. Ayu W. Tanjung,. Dkk. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Parfume Isi Ulang di Toko Galery Parfume. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Vol 4 No 3. DOI: 1047467/elmal.v3i3.891
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2013). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Jurnal Ilmiah among Makarti, 6(12), 112-129.
Shukla, P. (2015). Consumers in Asia buy luxuries for different reasons to the West. Retrieved from http://theconversation.com/consumers-inasia-%0Abuy-luxuries-for-differentreasons-to-the-west-45069.
Sitompul, Saleh. (2021). Pengaruh pengetahuan label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian kosmetik. Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 50–64.
[SRD] Statistia Research Department. (2020). Luxury Goods Report 2020. Retrieved from https://www.statista.com/study /55494/luxury-goods-report/
Stankeviciute, R., & Hoffmann, J. (2011). The Slippery Slope of Brand Expansion.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. PUSTAKABARUPRESS. https://onesearch.id/Record/IOS4965.028737?widget=1#holdings
Sumiati, S., & Mujanah, S. (2018). Persepsi Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tas Sophie Paris pada Mahasiswa. AMAR (Andalas Management Review), 2(2), 1–10. https://doi.org/10.25077/amar.2.2.1-10.2018
Sumual, P. S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2023). Analisis Kesadaran Merek dan Persepsi Kualitas Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mobil Masa Pandemi Covid19. Jurnal EMBA, 11(1), 1271–1282
Sweeney, J. C. (2001). Consumer perceived value: The development of a multiple item scale. Journal of retailing, 77(2), 203-220.Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. .
Wiedmann, K.-P., Hennigs, N., & Siebels, A. (2009). Value-based segmentation of luxury consumption behavior. Psychology & Marketing, 26(7), 625–651. doi:10.1002/mar.20292.