Implikasi Pelaksanaan BPJS Kesehatan : Customer Relationship, Presentation Skill Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Medical Representative) PT. Pratapa Nirmala (Fahrenheit) Wilayah Cirebon Div. Pemasaran

Authors

  • Asep Gunawan
  • Triyo Meilyan Jana

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v11i1.322

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis implikasi pelaksanaan BPJS Kesehatan melalui variabel customer relationship, presentation skill, terhadap kinerja tenaga penjualan.

 Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. Pratapa Nirmala (Fahrenheit) Wilayah Cirebon Div. Pemasaran sebanyak 32 orang berdasarkan sumber data yang di diperoleh. Sampel yang digunakan berjumlah 30 karyawan, diantaranya 21 medical reprsentative dan 9 area manager. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah metode angket (kuisioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regeresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa customer relationship, presentation skill mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan sebesar 51,5% dan sisanya 49,5% dipengaruhi oleh lain. Secara simultan variabel customer relationship, presentation skill berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan dengan nilai Fhitung 14,353 lebih besar dari nilai Ftabel 2,92. Secara parsial, variabel customer relationship  berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualan dengan nilai Thitung 3,611 lebih besar dari Ttabel 1,69 dengan koefisien a=5% . Sedangkan variabel presentation skill tidak berpengaruh  terhadap kinerja tenaga penjualan dengan nilai Thitung 0,171 lebih kecil dari Ttabel 1,69 dengan koefisien a=5%.

Kata Kunci: Customer Relationship, Presentation Skill, dan Kinerja Tenaga Penjualan

Published

2018-08-13

How to Cite

Implikasi Pelaksanaan BPJS Kesehatan : Customer Relationship, Presentation Skill Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Medical Representative) PT. Pratapa Nirmala (Fahrenheit) Wilayah Cirebon Div. Pemasaran. (2018). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 19-37. https://doi.org/10.32534/jv.v11i1.322

Most read articles by the same author(s)