PENGARUH DUKUNGAN TOP MANAGEMENT DAN KETERLIBATAN PEMAKAI DALAM PROSES PENGEMBANGAN SISTEM TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Perseroan Terbatas di Kota Cirebon)

Authors

  • M. Taufik Aziz
  • Pigih Niki Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v10i1.319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh Dukungan top management dan Keterlibatan pemakai dalam proses pengembangan sistem terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada Perseroan Terbatas (PT) yang ada di wilayah kota Cirebon.

Populasi dalam penelitian ini adalah Perseroan Terbatas (PT) yang ada di wilayah kota cirebon. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik non probability sampling sebanyak 32 responden yaitu manajer/pimpinan dan karyawan bagian financial.

Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan metode kuisioner. Adapun pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan pengujian asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji f.

Dari hasil pengujian secara parsial diperoleh hasil uji t thitung > ttabel (2,367 ; 2,374 > 1,69 ), sehingga menolak Ho dan menerima Ha, artinya variabel pengaruh dukungan top management dan keterlibatan pemakai dalam proses pengembangan sistem berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Sedangkan dari hasil pengujian secara bersama-sama diperoleh hasil Fhitung > Ftabel (12,962 > 3,29), sehingga menolak Ho dan menerima Ha, artinya secara bersama-sama variabel dukungan top management dan keterlibatan pemakai berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.

Kata kunci :  Dukungan Top Management, Keterlibatan Pemakai dalam proses pengembangan sistem, Kinerja sistem informasi akuntansi

Published

2018-08-13

How to Cite

Aziz, M. T., & Pratiwi, P. N. (2018). PENGARUH DUKUNGAN TOP MANAGEMENT DAN KETERLIBATAN PEMAKAI DALAM PROSES PENGEMBANGAN SISTEM TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Perseroan Terbatas di Kota Cirebon). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 57–67. https://doi.org/10.32534/jv.v10i1.319