PENGARUH KEPRIBADIAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMPN 2 SUSUKANLEBAK

Authors

  • M. Taufik Aziz
  • Winarni Winarni

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v9i2.294

Abstract

Guru merupakan seorang pendidik. Sebagai pendidik, dia hendaknya memiliki kriteria-kriteria tertentu sehingga merupakan ciri yang melekat dalam dirinya.Ciri tersebut merupakan kepribadian yang kemudian dapat dilihat dari sifat yang ditampilkan. Kepribadian inilah yang akan menjadikannya sebagai panutan bagi anak didiknya. Motivasi kerja guru juga merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi kinerja guru untuk mencapai tujuan pendidikan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMPN 2 Susukanlebak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif.

Hasil kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kepribadian mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru sebesar 64,40%. Hal ini dapat dilihat nilai thitung lebih besar daripada ttabel (5,315 > 2.040).Motivasi kerja mempunyai pengaruh sebesar 29,10%. Hal ini dapat dilihat nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,400 > 2,040). Kepribadian dan motivasi kerja secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru sebesar 73,50.Dimana dibuktikan dengan melihat Fhitung variabel lebih besar Ftabel (41,653 > 3,316).

Kata kunci : Kepribadian, Motivasi kerja, Kinerja Guru

Published

2018-07-30

How to Cite

Aziz, M. T., & Winarni, W. (2018). PENGARUH KEPRIBADIAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMPN 2 SUSUKANLEBAK. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 88–94. https://doi.org/10.32534/jv.v9i2.294