PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PT. ELNUSA Tbk. RESERVOAR EVALUATION SERVICE (RES) KARANGAMPEL

Authors

  • M Taufik Azis
  • Lili Maslikha

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v10i2.299

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengandalian internal dan penerapan system informasi akuntansi terhadap kinerja perusahaan PT. Elnusa Tbk. Reservoar Evaluation Service (RES) Karangampel.

Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Elnusa Tbk. Reservoar Evaluation Service (RES) Karangampel. Sampel yang digunakan berjumlah 50 orang di ambil dari karyawan perusahaan PT. Elnusa Reservoar Evaluation Service (RES) Karangampel. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah metode angket (kuisioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regeresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa secara simultan variabel pengendalian internal dan system informasi akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan PT. Elnusa Reservoar Evaluation Service (RES) Karangampel. Secara parsial, variabel pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan PT. Elnusa Reservoar Evaluation Service (RES) Karangampel. Sedangkan variabel sistem informasi akuntansi memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan PT. Elnusa Reservoar Evaluation Service (RES) Karangampel.

Kata Kunci : Pengendalian Internal, Sistem Informasi Akuntansi dan Kinerja Perusahaan

Published

2018-08-07

How to Cite

Azis, M. T., & Maslikha, L. (2018). PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PT. ELNUSA Tbk. RESERVOAR EVALUATION SERVICE (RES) KARANGAMPEL. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 94–102. https://doi.org/10.32534/jv.v10i2.299