PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PEMILIHAN KARIR MENJADI AKUNTAN (Studi kasus pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Cirebon)

Authors

  • Ali Mugayat
  • Dwi Puspa Jumiati

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v10i2.297

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengandalian internal dan penerapan system informasi akuntansi terhadap kinerja perusahaan PT. Elnusa Tbk. Reservoar Evaluation Service (RES) Karangampel.

Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi di Cirebon (Universitas Muhammadiyah Cirebon dan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Tahun 2011).  Dengan Kriteria sampel yang digunakan adalah Mahasiswa Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi yang sudah mengikuti mata kuliah Pemeriksaan Akuntansi 1 dan Mahasiswa yang masih aktif saat dilakukannya penelitian. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah metode angket (kuisioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regeresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa Motivasi karir tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Nilai sig.t 0,851 dengan probabilitas sebesar 0,397. Nilai signifikansi di atas 0,05 menunjukkan bahwa variabel motivasi karir tidak memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Kemudian Motivasi kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Nilai sig.t = 1,741 dengan probabilitas sebesar 0,085. Nilai signifikansi di atas 0,05 menunjukkan bahwa variabel motivasi kualitas tidak memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Dan Motivasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Nilai sig.t = 2,116 dengan probabilitas sebesar 0,037. Nilai signifikansi kurang dari 0,05 menunjukkan bahwa variabel motivasi ekonomi memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi.

Kata Kunci : Motivasi karir, Motivasi kualitas, Motivasi ekonomi dan Pendidikan Profesi Akuntansi

Published

2018-08-07

How to Cite

Mugayat, A., & Jumiati, D. P. (2018). PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PEMILIHAN KARIR MENJADI AKUNTAN (Studi kasus pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Cirebon). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 68–79. https://doi.org/10.32534/jv.v10i2.297