ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN PROAKTIF TERHADAP INOVASI PRODUK PADA PAKAN IKAN (STUDI PADA PT. SURI TANI PEMUKA CIREBON)

Authors

  • Ali Mugayat
  • Sobirin Sobirin

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v9i1.286

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepribadian proaktif. Penelitian dilakukan terhadap PT. Suri Tani Pemuka Cirebon

Ada empat implementasi kepribadian proaktif yang di uji coba pada penelitian ini yaitu memperbaharui penyempurnaan produk, memperbaharui metode produksi, memperbaharui metode penjualan dan pemasaran dan Informasi pembaharuan pada tehnologi. Keempat factor tadi digunakan untuk meneliti sampai sejauh mana pengaruhnya terhadap kepribadian proaktif

Penelitian ini merupakan pengembangan dari beberapa factor kritis yang berasal dari literature yang relevan untuk membangun kepribadian proaktif, dan hipotesis yang diambil dari 20 indikator yang diuji dengan menggunakan Windows SPSS.

Pengujian hipotesis menggunakan data primer yang didapat dari PT.Suri Tani Pemuka Cirebon, yang terkait langsung secara linear dengan proses produksi, Quality Control dan Gudang.

Hasil uji kesesuain model menunjukan bahwa model persamaan yang digunakan telah sesuai atau fit terhadap data yang digunakan dalam penelitian. sedangkan berdasarkan uji t didapat hasil yang menunjukan bahwa dari empat factor hipotesis yang diajukan ternyata hanya variable memperbaharui penyempurnaan produk yang merupakan variable yang paling dipengaruhi oleh kepribadian proaktif, sedangkan ketiga faktor lainnya menunjukan signifikansi negative yaitu, memperbaharui metode produksi, memperbaharui metode penjualan dan pemasaran dan pembaharuan informasi teknologi.

Kata Kunci : Memperbaharui atau menyempurnakan produk, Memperbaharui metode produksi, Memperbaharui metode penjualan dan pemasaran, Informasi pembaharuan pada teknologi dan Kepribadian Proaktif

Published

2018-07-30

How to Cite

Mugayat, A., & Sobirin, S. (2018). ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN PROAKTIF TERHADAP INOVASI PRODUK PADA PAKAN IKAN (STUDI PADA PT. SURI TANI PEMUKA CIREBON). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.32534/jv.v9i1.286