PENGARUH SERVICE QUALITY, PRICE, TOURIST EXPERIENCE DAN OVERALL SATISFACTION TERHADAP REVISIT INTENTION WISATAWAN DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v17i2.2755Abstract
Revisit Intention merupakan salah satu bentuk keberhasilan penjualan produk pada Industri Pariwisata, dalam hal ini Resort menjadi salah satu industri yang mengukur tingkat keberhasilannya dari Revisit Intention para wisatawan. Maka dari itu, penelitian ini mengambil latar akomodasi penginapan berupa resort yang ada di kota batam dengan variabel independen service qualiy, price, tourist experience dan overall satisfaction terhadap variabel dependen revisit intention. Penelitian ini mengambil data primer dari 438 responden yang merupakan warga kota Batam dengan rentang usia dari 20 tahun - >50 tahun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian tentang revisit intention ini berupa uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan Software uji statistic IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah variabel service quality, tourist experience dan overall satisfaction memberikan pengaruh signifikan positif terhadap revisit intention. Sedangkan variabel price tidak memberikan pengaruh signifikan positif terhadap variabel revisit intention.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Harga, Pengalaman Turis, Niat Berkunjung Kembali
Abstract
Revisit Intention is one form of successful product sales in the Tourism Industry, in this case Resort is one of the industries that measures the level of success of the Revisit Intention of tourists. So therefore, this study takes the accommodation background in the form of a resort in Batam City with independen variabels of service quality, price, tourism experience and overall satisfaction on the dependen variabel of visit intention. This study took primary data from 438 respondents who were residents of the city of Batam with an age range of 20 years -> 50 years. The data analysis method used in this research on revisit intentions is in the form of data quality tests, classical assumption tests, and hypothesis testing using IBM SPSS 25 statistical test software. The results of this study are the variables of service quality, tourist experience and overall satisfaction have an influence positive on revisit intention. While the price variabel doesn’t have a significant positive effect on the return visit intention variable
Keywords: Service Quality, Price, Tourist experience, Revisit Intention