PENGARUH FAKTOR ATRIBUT PRODUK TERHADAP PREFERENSI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MASAKAN AYAM MATANG SECARA ONLINE (GOFOOD)

Authors

  • Lakudus Lakudus Manajemen Bisnis, Sekolah Bisnis IPB
  • Agus Buono Manajemen Bisnis, Sekolah Bisnis IPB
  • Nur Hasanah Manajemen Bisnis, Sekolah Bisnis IPB

Abstract

Cooked chicken dishes are the best-selling foods on Gofood during the 2019-2020 period. Changes in transaction trends bring benefits for entrepreneurs who have adapted online transactions especially Gofood partner. This paper will explain the relation between Gofood user demographic conditions, product attributes and food preferences. This study collecting data from 201 respondent around Jabodetabek, data processing is carried out using a biplot and boxplot. The findings of this study explain the general relationship and significant differences between groups of respondents regarding their preferences in purchasing cooked chicken dishes. These findings indicate that food business players must understand the demographic conditions within their reach to determine the business strategy that is considered the most effective.

Keywords: Consumer Demographic, Food Preferences, Product Attributes.

Abstrak

Masakan ayam matang merupakan makanan terlaris yang ada di Gofood pada periode 2019 – 2020. Perubahan gaya transaksi memberikan keuntungan untuk pengusaha yang sudah mengadaptasi budaya transaksi secara online, terkhususnya mitra Gofood. Studi ini berusaha menjelaskan hubungan antara kondisi demografis, atribut produk dan preferensi pembelian makanan. Data diambil dari 201 orang responden yang tersebar di Jabodetabek, kemudian diolah menggunakan metode biplot dan boxplot. Hasil dari studi ini menjelaskan ada perbedaan yang signifikan pada setiap kelompok responden dalam preferensi pembelian masakan ayam matang. Temuan tersebut menguatkan bahwa penting bagi pelaku bisnis untuk memahami kondisi demografis konsumen, terlebih konsumen yang ada dalam area jangkauan bisnisnya. Untuk membentuk dan menerapkan strategi yang paling efektif.

Kata Kunci : Demografi Konsumen, Preferensi Makanan, Atribut Produk.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Lakudus, L., Buono, A., & Hasanah, N. (2022). PENGARUH FAKTOR ATRIBUT PRODUK TERHADAP PREFERENSI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MASAKAN AYAM MATANG SECARA ONLINE (GOFOOD). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 58–74. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/VL/article/view/2476