PENGARUH HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT BATUK KOMIX

Authors

  • Rini Ardista

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1413

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana harga, distribusi dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian sampel sederhana, dengan jumlah obyek sebanyak 50 sampel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan teknik analisis jalur. Teknik analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antar variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data penelitian ini adalah SPP versi 23.0. Berdasarkan hasil analisis uji t, diketahui nilai thitung<ttabel  yaitu sebesar 0,014 < 2,012 dengan signifikansi 0,989, sehingga keputusan yang diambil adalah Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa harga secara parsial tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Enseval Putera Berdasarkan hasil analisis uji t, diketahui nilai thitung>ttabel  yaitu sebesar 4,792>2,012 dengan signifikansi 0,000, sehingga keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa distribusi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Enseval Putera Berdasarkan hasil analisis uji t, diketahui nilai thitung<ttabel  yaitu sebesar 1,143<2,012 dengan signifikansi 0,259, sehingga keputusan yang diambil adalah Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa promosi secara parsial tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada   PT Enseval Putera Berdasarkan hasil analisis uji F, diketahui Fhitung>Ftabel (13,658>2,574) dengan nilai signifikansi 0,000, sehingga keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas (harga, distribusi dan promosi) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada PT Enseval Putera

Kata kunci: Harga, Distribusi, Promosi dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2020-10-26

How to Cite

Ardista, R. (2020). PENGARUH HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT BATUK KOMIX. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 173–187. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1413