A PENGARUH NARSISME MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK
Kasus pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMC)
DOI:
https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.4856Abstract
Aplikasi TikTok digunakan oleh pengguna untuk mengunggah video diri mereka sendiri yang kemudian dibagikan kepada pengguna aplikasi TikTok lainnya. Aplikasi ini merupakan pemutar musik yang menggunakan teknologi lip-sync dan memiliki waktu putar maksimal 15 hingga 60 menit. Pada tahun 2018 aplikasi terbanyak yang diajukan untuk TikTok, berjumlah 45,8 juta. Ini termasuk aplikasi seperti YouTube, Instagram, Whatsapp, Twitter, Facebook, dan Messenger.
Penelitian ini bertujuan menguji besaran pengaruh narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi tiktok. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada 60 responden. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R2). Agar mendapatkan hasil yang tepat maka dilakukan dengan pengujian hipotesis (t). Uji t bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel narsisme (X) secara signifikan terhadap variabel kepuasan (Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerima semua hipotesis yakni narsisme mahasiswa (X) berpengaruh signifikan secara linear terhadap kepuasan (Y). Jika X1 tidak dilakukan maka narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi TikTok akan mengalami ketidakpuasan. Sebaliknya jika X1 dilakukan maka narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi TikTok akan mengalami kepuasan yang meningkat.
Kata Kunci: Narsisme, Mahasiswa, Aplikasi TikTok, Kepuasan
Keywords:
co author, Yusuf SapariReferences
Arikunto. S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Cipta.
Baran, S.J. & Davis, D.K. (2009). Mass Communication Theory Foundation, Ferment and Future (5th eds). Boston: Wadsworth
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi MassaMcQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta:
Salemba Humanika
Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.
Raskin, R & Terry, H. (1988). A Principal-Components Analysis of the Narcissistic Personality Inventory and Further Evidence of Its Construct Validity. Journal of Personality and Social Psychology, Vol. 54, No. 5: 890-902.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.