A PENGARUH NARSISME MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK

Kasus pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMC)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.4856

Keywords:

co author, Yusuf Sapari

Abstract

Aplikasi TikTok digunakan oleh pengguna untuk mengunggah video diri mereka sendiri yang kemudian dibagikan kepada pengguna aplikasi TikTok lainnya. Aplikasi ini merupakan pemutar musik yang menggunakan teknologi lip-sync dan memiliki waktu putar maksimal 15 hingga 60 menit. Pada tahun 2018 aplikasi terbanyak yang diajukan untuk TikTok, berjumlah 45,8 juta. Ini termasuk aplikasi seperti YouTube, Instagram, Whatsapp, Twitter, Facebook, dan Messenger.

Penelitian ini bertujuan menguji besaran pengaruh narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi tiktok. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada 60 responden. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R2). Agar mendapatkan hasil yang tepat maka dilakukan dengan pengujian hipotesis (t). Uji t bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel narsisme (X) secara signifikan terhadap variabel kepuasan (Y).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerima semua hipotesis yakni narsisme mahasiswa (X) berpengaruh signifikan secara linear terhadap kepuasan (Y). Jika X1 tidak dilakukan maka narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi TikTok akan mengalami ketidakpuasan. Sebaliknya jika X1 dilakukan maka narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi TikTok akan mengalami kepuasan yang meningkat.

Kata Kunci: Narsisme, Mahasiswa, Aplikasi TikTok, Kepuasan

Author Biographies

  • Rizki Budhi Sahara, Universitas Muhammdiyah Cirebon

     

     

  • Muhammad Kamaluddin, Universitas Muhammadiyah Cirebon

     

     

  • Monica Alfionita, Universitas Muhammdiyah Cirebon

     

     

References

Arikunto. S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Baran, S.J. & Davis, D.K. (2009). Mass Communication Theory Foundation, Ferment and Future (5th eds). Boston: Wadsworth

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi MassaMcQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta:

Salemba Humanika

Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Raskin, R & Terry, H. (1988). A Principal-Components Analysis of the Narcissistic Personality Inventory and Further Evidence of Its Construct Validity. Journal of Personality and Social Psychology, Vol. 54, No. 5: 890-902.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

A PENGARUH NARSISME MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK: Kasus pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMC). (2024). SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 17(2), 1-11. https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.4856

Most read articles by the same author(s)