DESKRIPSI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPEDENDUDUKAN DI DESA WARUJAYA KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.32534/jsfk.v16i2.3225Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik di Desa Warujaya Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Pelayanan publik merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh kelompok atau seorang birokrasi untuk memberikan bantuan. Metode Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun yang diambil dari teori ini dari Tjiptono dan Chandra yang meliputi 5 (lima) aspek yaitu: buktti fisik (Tangible), keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsivennes), jaminan (Assurance), dan empati (Empathy).
Keywords:
Kualitas, Pelayanan Publik, Aministrasi KependudukanReferences
Maisyarah, S. (2019)., Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar Tahun 2019.
Hasanah, H. (2017)., Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At- Taqaddum,
Nawawi, M. (2018)., Pentingnya Kualitas Aparat Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Di Desa Bedilan
Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur.
Jurnal Aktual, 16(1), 28.
https://doi.org/10.47232/aktual.v16 i1.4
NS Kusmatuti. (2018)., Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Lurah Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari”.
Nuriyanto, N. (2014). PenyelenggaraanPelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453.
Ririn Arifah. (2014). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. 634.
Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemn, XI(2), 165–178.
Rukayat, Y. (2018)., Konsep Pelayanan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.
Sati, N. I. (2020)., Ketetapan Mpr Dalam Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia. Jurnal Hukum & Pembangunan, 49(4), 834.
Sukmawati, I. (2015)., Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Air Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi