PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMDES KEDUNGBUNDER KEC. GEMPOL KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Sastra Abijaya Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v13i02.1463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis data dan mendapatkan informasi mengenai pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan Pemdes Kedungbunder Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan berupa survei dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan, penyebaran angket, dan wawancara. Dalam pelaksanaan indikator–indikator kinerja pegawai yang mencapai persentase 76,28% dengan skor total 1251 berada pada interval cukup baik. Sedangkan dalam pelaksanaan kualitas pelayanan di Desa Kedungbunder Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon mencapai 77,21% dengan skor total 1.583 dan pada interval cukup baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan Pemdes Kedungbunder Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon sudah cukup baik namun perlu terus ditingkatkan.

This study aims to describe, analyze data and obtain information about the effect of employee performance on service quality in Kedungbunder Village, Gempol District, Cirebon Regency. The research method used in the form of a survey with data collection techniques study of literature, questionnaires, and interviews. In the implementation of employee performance indicators that reached a percentage of 76.28% with a total score of 1251, the interval was quite good. Whereas in the implementation of service quality in Kedungbunder Village, Gempol District, Cirebon Regency reached 77.21% with a total score of 1,583 and at fairly good intervals. Based on the analysis and discussion, the results show that the influence of employee performance on the quality of service in Kedungbunder Village, Gempol District, Cirebon Regency is quite good but needs to be improved.

Keywords:

Kinerja, Pegawai, Kualitas, Pelayanan, Performance, Staff, Quality, Service

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Dharma, Surya. 2013. Manajemen Kinerja. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Hasibuan, M. 2007. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Gunung Agung.

Matondang. 2008. Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Manajemen Strategik. Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Mangkunegara, AP. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, AP. 2017. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Rafika Aditama.

Mukarom, Zaenal. 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Peraturan Perundang-undangan: Ketentuan MENPAN No.63/Kep/M.PAN/7/2003 tentang Pelayanan Publik

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan, 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Samsudin, Sadili. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Santoso, Singgih, 2010. Statistik Nonparametrik. Bandung: PT Elex Media Komputindo.

Sedarmayanti. 2008. Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Nonparametrik dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex Media.

Sinambela, Lijanpoltak. 2016. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa.

UU No.8 Tahun 2015 tentang perubahan atas Undang- Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Wirawan. 2017. Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Whitmore. 2000. Coeching Performance. New York: Harper and Row Publisher.

Downloads

Published

2019-12-13

How to Cite

Abijaya, S. (2019). PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMDES KEDUNGBUNDER KEC. GEMPOL KABUPATEN CIREBON. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 13(02), 33–47. https://doi.org/10.32534/jsfk.v13i02.1463