PEMBERDAYAAN KELUARGA MISKIN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE)

Authors

  • Eka Wildanu Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Annisa Rengganis Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Riyan Riyan Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v15i01.1958

Abstract

Kabupaten Cirebon merupakan sebuah kabupaten dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 310.302 Kepala Keluarga menurut pendataan terakhir Januari 2020. Beberapa program Pengentasan kemiskinan pernah dijalankan untuk mengatasinya. Namun sampai ini kemiskinan di Indonesia masih belum terselesaikan karena program yang dijalankan hanya berbentuk pembangunan fisik. Dari permasalahan tersebut Pemerintah Indonesia sejak tahun 1982 mengeluarkan Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebagai alternatif program yang memadukan konsep Pemberdayaan kemiskinan dengan pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai pemberdayaan masyarakat dalam Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Desa Purwawinangun Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon. Dalam mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat dalam KUBE, Metode yang digunakan Peneliti adalah kualitatif deskriptif dengan teknik indepth interview, pengamatan observasi non partisipatif dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat dalam KUBE di Desa Purwawinangun secara umum berjalan baik dan memiliki relevansi sebagai program yang memberdayakan masyarakat khususnya Keluarga Miskin. Hal ini karena pelaksanaan KUBE di Desa Purwawinangun sudah berhasil melibatkan stakeholders lain serta memenuhi kriteria dari pemberdayaan masyarakat sendiri. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang ada dalam kriteria pemberdayaan masyarakat yang belum bisa dijalankan dengan maksimal.

Keywords:

Pemberdayaan, Keluarga Miskin, Kelompok Usaha Bersama (KUBE)

References

Adhi, S., & Widayati, W. (2015). Peran Kelompok Usaha Bersama (Kube) Citra Mandiri Dalam Pemberdayaan Pengrajin Industri Kreatif Di Desa Pucang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Journal of Politic and Government Studies, 4(2), 251-265.

Anwas, M. O. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Data Rekapitulasi Laporan Hasil Verivikasi dan Validasi DTKS Kabupaten Cirebon Tahun 2019.

Hidayat, A., Setiawati, L., & Engkus, E. 2018. Peningkatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Melalui Evaluasi Program Di Kecamatan Cimahi Tengah. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 61-73.

Imron, M. (2003). Kemiskinan Dalam Masyarakat Nelayan. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 5(1), 63-82.

Imron, I. (2014). Pemberdayaan masyarakat miskin melalui kelompok usaha bersama (Studi pada kelompok usaha bersama di Desa Dawuhan, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 2(3), 485-491.

Kementerian Sosial. 2018. Petunjuk Teknis Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama (UEP-KUBE) Tahun 2018.

Mardianto, S. t.thn. Kemiskinan Di Indonesia. Universiras Syiah Kuala.

Nugroho, B. (2013). Rekonstruksi Kelompok Usaha Bersama. Sosio Informa, 18(1).

Nurwati, N. (2008). Kemiskinan: Model Pengukuran, Permasalahan dan Alternatif Kebijakan. Jurnal Kependudukan Padjadjaran, 10(1), 1.

Pedoman Bantuan Sosial reguler (KUBE, RS-Rutilahu dan Sarling) Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah I.

Roebyantho, H. (2013). Kebijakan penanganan kemiskinan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Sosio Informa, 18(2).

Sari, P. Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Prasejahtera. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(2), 99-107.

Subing, H. A. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) serta Dampaknya terhadap Pendapatan dan Pengentasan Kemiskinan di Provinsi Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2).

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulamah, M. (2016). Pengelolaan program kelompok usaha bersama nelayan bondet zenawi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 7(2).

Suradi, S. (2012). Pendekatan Kelompok Sebagai Modalitas Dalam Penanggulangan Kemiskinan. Sosio Informa, 17(2).

Suryani & Listyawati, A. (2014). Kemanfaatan Kelompok Usaha Bersama Bagi Keluarga Miskin. Yogyakarta: B2P3KS Press.

Suswanto, B., Handoko, W., & Sabiq, A. (2013). Model community development sebagai strategi pemberdayaan berbasis kearifan lokal. Jurnal Review Politik, 3(2), 298-312.

Tampubolon, J., Sugihen, B. G., Samet, M., Susanto, D., & Sumardjo, S. (2006). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendekatan Kelompok (Kasus Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Pendekatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Jurnal Penyuluhan, 2(2).

Wanto, A., & Taufiq, A. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pada Program Pemberdayaan Fakir Miskin (Studi Penelitian di Desa Mundak Jaya Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu). Journal of Politic and Government Studies, 3(4), 534-549.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Wildanu, E., Rengganis, A., & Riyan, R. (2021). PEMBERDAYAAN KELUARGA MISKIN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE). SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 15(01), 8–17. https://doi.org/10.32534/jsfk.v15i01.1958