MENIMBANG STRATEGI PEMILIHAN KEPALA DESA: STRATEGI SOSIALISASI POLITIK KEPALA DESA TERPILIH DESA BOJONG KULON KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Rochmat Hidayat Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v12i01.1450

Abstract

Desa di bawah regulasi formal Negara mengikuti aturan main Negara, tetapi di sisi lainnya Desa memiliki kearifan  lokal desa.Salah satu  bentuk perkawinan  dua wajah ini di desa dapat diamati saat suksesi Pemilihan Kepala Desa.Pengamatan ini menarik, karena suksesi pemilihan Kepala Desa ini diatur regulasi Negara, tetapi praktik sosialnya hadir dalam institusi sosial desa.Praktik pemilihan kepala desa di Desa Bojong Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon ini diamati dengan melihat pola sosialisasi politik para aktor yang berkontestasi di arena pemilihan Kepala Desa.Hasil amatan menunjukan bahwa aktor Kepala Desa terpilih menggunakan strategi politikofensif (menyerang), dan strategi defensive(bertahan) yang efektif sehingga mampu mencapai tujuan pemenangan.Strategi menyerang mengupayakan kemampuan sosialisasi politik aktor untuk mempengaruhi persepsi pemilih dan memobilisasi dukungan langsung kepada calon, sedangkan strategi bertahan mengupayakan agar basis pemilih loyal dan potensial aktor calon Kepala Desa dapat dipertahankan.

Keywords:

Sosialisasi politik, ofensif, defensive

References

Arenawati. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Cangara Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Duverger, Maurice. 1996. Sosiologi politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Efriza. 2012. Political Explore. Bandung: Alfabeta

Firmanzah. 2007. Marketing Politik antara Pemehaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor indonesia

Kencana Inu. 2010. Ilmu Politik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Keputusan Komisi Pemilihan Umum nomor 35 tahun 2004 tentang Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden

Mendoza, Democrito. 2004. Kampanye Isu dan Cara Melobi.Jakarta: Yayasan Obor

Moleong, lexi. 2004. Penelitian Metodelogi Kualitatif. Bandung: Remaja Posdakarya

Muhammad Arni. 2014. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Peraturan Daerah Kabupaten Cirebon nomor 2 tahun 2015 tentang Pemerintahan Desa dan Badan Permusyawaratan Desa

Peraturan Bupati Cirebon nomor 113 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati Cirebon nomor 96 tahun 2015 Tentang Pemilihan Kuwu di Kabupaten Cirebon

Pito T.A. 2005.Mengenal Teori-Teori Politik dari Sistem Politik Sampai Korupsi. Bandung: Nusa indah

Rival Veitzhal dan Mulyadi Deddy. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sahid Komarudin. 2011. Memahami Sosiologi Politik. Bogor: Chalia Indonesia

Seta Basri. 2012. Pengantar Ilmu Politik. Jogjakarta: Indi Book Corner

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati, dan R&d. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang nomor 32 tahun 2014 tentang Desa

Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Widjaja Haw. 2010. Otonomi Desa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Hidayat, R. (2018). MENIMBANG STRATEGI PEMILIHAN KEPALA DESA: STRATEGI SOSIALISASI POLITIK KEPALA DESA TERPILIH DESA BOJONG KULON KABUPATEN CIREBON. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 12(01), 22–30. https://doi.org/10.32534/jsfk.v12i01.1450

Most read articles by the same author(s)