IMPLEMENTASI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DILENGKAPI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Banu Kisworo Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mutiara Dwi Cahyani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ani Apriani Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jre.v7i01.523

Abstract

Reciprocal teaching merupakan strategi pembelajaran yang memusatkan perhatian kepada proses berpikir anak. Proses pembelajaran dari pendakatan reciprocal teaching, seperti: clarifying / mengklarifikasi, Predicting / memprediksi, Questioning / membuat pertanyaan, Summarizing / merangkum. Pada penelitian ini mengkaji bagimana pengaruh pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar peserta didi.  Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretes dan postes pada satu kelompok yang menggunakan pembelajaran reciprocal teaching. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 34 orang peserta didik kelas X di salah satu SMA Negeri di Kuningan. Tes tertulis dilakukan untuk mengukur penguasaan konsep peserta didik sebelum (pretes) dan sesudah (postes) mengalami proses pembelaaran reciprocal teaching. Pembelajaran  menggunakan strategi pembelajaran reciprocal teaching dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik serta mampu memotivasi peserta didik untuk memahami konsep kimia.    

Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Laju Reaksi, Hasil Belajar

Downloads

Published

2018-12-20

How to Cite

Kisworo, B., Cahyani, M. D., & Apriani, A. (2018). IMPLEMENTASI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DILENGKAPI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Redox, 7(01), 32–41. https://doi.org/10.32534/jre.v7i01.523