ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI RUMUS EMPIRIS DAN RUMUS MOLEKUL

Authors

  • Mutiara Dwi Cahyani Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jre.v6i02.622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep rumus empiris dan rumus molekul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes siswa dan wawancara semi tersutruktur kepada siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian, wawancara dan dokumentasi tentang materi titrasi asam basa. Penelitian ini dilakukan di SMA Percontohan UPI  dengan subjek sebanyak 30 orang siswa SMA Kelas XI IPA yang telah mempelajari materi rumus empiris dan rumus molekul. Kesulitan pemahaman konsep materi rumus empiris dan rumus molekul yaitu Siswa tidak mengetahui makna rumus empiris dan rumus molekul Siswa tidak memahami makna dari persen massa Siswa tidak dapat menentukan perbandingan mol paling sederhana dari setiap unsur Siswa tidak memahami makna antara massa atom relatif (Ar) dengan massa molekul relatif (Mr).

  

 Kata kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Pemahaman Konsep, Rumus Empris dan Rumus Molekul.

 

Downloads

Published

2019-08-10

How to Cite

Cahyani, M. D. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI RUMUS EMPIRIS DAN RUMUS MOLEKUL. Jurnal Redox, 6(02). https://doi.org/10.32534/jre.v6i02.622