PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS

Authors

  • Putri Parhati Meilani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Titi Rohaeti Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Jajang Rahmatudin Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3109

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study was to describe the algebraic thinking skills of junior high school students who were categorized as high and students' errors in solving algebraic problems on the surface area of ??a cube. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. The subjects of this study were three students from class VIII-3 of SMP Negeri 2 Pancalang who were categorized as high level. The instrument in this study is the researcher himself, using an algebraic thinking ability test to measure algebraic thinking skills and interviews to describe the results of the interview. The results of this study indicate that the algebraic thinking of students with high-level categories in solving mathematical problems with the surface area of ??a cube consists of generational, transformational, and global meta-levels. Students tend to do better in global and new generational meta-level activities than transformational activities.

Keywords: Algebraic Thinking Ability, Cube Surface Area, Student Error.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa SMP yang berkategori tinggi dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar pada materi luas permukaan bangun kubus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa dari kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Pancalang yang berkategori tingkat tinggi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri, dengan menggunakan tes kemampuan berpikir aljabar untuk mengukur kemampuan berpikir aljabar dan wawancara untuk mendeskripsikan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan berpikir aljabar siswa dengan kategori tingkat tinggi dalam memecahkan masalah matematika materi luas permukaan kubus terdiri atas generasional, transformasional dan level-meta global. Siswa cenderung lebih baik dalam aktivitas level-meta global dan generasional baru kemudian aktivitas transformasional.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Aljabar, Luas Permukaan Kubus, Kesalahan Siswa.

 

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Meilani, P. P., Rohaeti, T., & Rahmatudin, J. (2022). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS. Integral : Pendidikan Matematika, 13(1), 26–39. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3109

Issue

Section

Articles