ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rifqi Amir Kurnia Program Studi Tadris Matematika, IAIN Bengkulu
  • Betti Dian Wahyuni Program Studi Tadris Matematika, IAIN Bengkulu
  • Nopi Handayani Program Studi Tadris Matematika, IAIN Bengkulu
  • Yoza Nopita Sari Program Studi Tadris Matematika, IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3107

Abstract

Abstract

This study aims to analyze the impact of COVID-19 on students' mathematics learning difficulties in online learning at school. The research conducted was qualitative research. Data collection method used is the interview method with the interview guide instrument. Meanwhile, the data analysis technique used is to use interactive techniques with three procedures. Based on the results of an interview by one of Bengkulu City's SMPN 4 students named Muhammad Radja Al-Farabi, he experienced difficulties in learning mathematics online, difficulty in focusing on learning mathematics, and difficulty in getting internet network access.

Keywords: Mathematics Study Difficulties, Online Learning, Covid-19

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mengenai dampak COVID-19 terhadap kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring di sekolah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian secara kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dengan instrumen pedoman wawancara. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik interaktif dengan tiga prosedur. Berdasarkan hasil wawancara oleh salah seorang siswa SMPN 4 Kota Bengkulu bernama Muhammad Radja Al-Farabi, ia mengalami kesulitan dalam belajar matematka secara online, Kesulitan fokus belajar matematika, dan Kesulitan dalam mendapatkan akses jaringan internet.

Kata Kunci : Kesulitan Belajar Matematika, Pembelajaran Daring, Covid-19

 

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Kurnia, R. A., Wahyuni, B. D., Handayani, N., & Sari, Y. N. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI MASA PANDEMI COVID-19. Integral : Pendidikan Matematika, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3107

Issue

Section

Articles