PENGEMBANGAN BUKU AJAR PPEP BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING UNTUK MAHASISWA MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32534/jnr.v12i1.2573Abstract
Proses pembelajaran adalah serangkaian kegiatan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran. Seorang pendidik/calon pendidik harus mengetahui konsep serta aplikasi proeses pembelajaran ini. Perancangan buku ajar dalam penelitian ini guna mendukung pegetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam memahami proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas, keefektifan, dan respon terhadap buku ajar PPEP dengan pendekatan kontekstual (CTL). Desain penelitian menggunakan true experimental design. Instrumen Penelitian yang digunakan angket validasi, tes hasil belajar, dan angket respon dan wawancara. Teknik Analisis Data: Statistik Deskriptif Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan ajar PPEP dengan pendekatan kontekstual (CTL) berhasil dikembangkan dan telah divalidasi. Hasil validasi pengembangan bahan ajar PPEP dengan pendekatan kontekstual rata-rata 4,2. Hasil belajar mencapai ketuntasan lebih dari 75% dengan kriteria ketuntasan minimum sebesar 85. Respon mahasiswa tergolong memuaskan/sangat baik. Bahan ajar PPEP dapat membantu pemahaman belajar mahasiswa. Hasil validasi dan respon mahasiswa bahwa buku ajar masih memiliki kekurangan dalam hal desain, ilustrasi, dan soal kontekstual.