IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATA KULIAH ANALISIS VEKTOR DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.32534/jnr.v12i2.2539Abstract
Locus of Control adalah keyakinan setiap individu mengenai sumber penyebab dari keberhasilan dan kegagalan yang terjadi pada diri individu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran flipped classroom berbantuan geogebra dalam masa pandemi covid-19; 2) mengetahui hasil belajar dan keaktifan mahasiswa ditinjau dari locus of control pada mata kuliah analisis vektor mahasiswa Tadris Matematika IAIN Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya meliputi (1) angket, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 84% mahasiswa memberikan respon positif terhadap implementasi pembelajaran flipped classroom berbantuan geogebra. Mahasiswa dengan internal locus of control memperoleh nilai paling tinggi pada semua aspek penilaian. Memiliki usaha yang lebih dalam memahami materi dan mengerjakan tugas atau ujian. Mahasiswa dengan internal-external locus of control memperoleh rata-rata nilai dibawah dari mahasiswa dengan internal locus of control. Sudah memiliki usaha lebih dan cukup aktif dalam pembelajaran. Berusaha makasimal dalam menyelesaikan tugas, namun terkadang kurang percaya diri terhadap kemampuannya. Mahasiswa dengan external locus of control memperoleh nilai paling rendah pada semua aspek penilaian. Selama pembelajaran tidak aktif dan juga telat dalam pengumpulan tugas. Kurang berusaha dalam memahami materi dan arahan dari dosen kurang diperhatikan.