Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP selama masa Pandemic dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • nurul - hotimah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32534/jnr.v14i1.2491

Abstract

Abstract

This study aims to describe students' critical thinking skills in mathematics. This research is a qualitative research with descriptive method. The subjects of this study were 5 students of class IX SMP Negeri 10 Tangerang City. The research tool used is a test tool consisting of 5 questions and a non-test tool in the form of interviews. The data is based on the analysis of the mathematical critical thinking ability indicators used, namely simplification of data and drawing conclusions. The score of students' critical thinking skills in mathematics is divided into three, namely high, medium and low.

Keywords: Online Learning, Pandemic Period, and Mathematical Critical Thinking.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas IX SMP Negri 10 Kota Tangerang. Alat penelitian yang digunakan adalah alat tes yang terdiri dari 5 soal dan alat non tes berupa wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang digunakan, yaitu penyederhanaan data dan penarikan kesimpulan. Skor kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika dibagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, masa Pandemik, Berpikir kritis matematis

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

hotimah, nurul .-. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP selama masa Pandemic dalam Pembelajaran Daring. Integral : Pendidikan Matematika, 14(1), 41–50. https://doi.org/10.32534/jnr.v14i1.2491

Issue

Section

Articles