PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Nofika Ulfatur Rohmah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32534/jnr.v14i1.2484

Abstract

Abstrak

Pada abad ke-21, salah satu tujuan pembelajaran yang perlu ditingkatkan pada pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir kreatif. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif disebabkan oleh pembelajaran masih berpusat kepada guru dan belum efektif, khususnya selama daring. Hal ini didukung oleh persentase rata-rata pretest siswa, yaitu 30,70% sehingga mengindikasikan bahwa kemampuan tersebut berada pada kategori kurang kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penyelesaian permasalahan sistem persamaan linear tiga variabel. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Mc. Taggart dan Kemmis. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa tahapan aktivitas Project Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif antara lain: (1) Permasalahan esensial yang diberikan bersifat kontekstual dan open-ended, (2) Monitoring yang dilakukan oleh guru utamanya adalah memandu siswa agar menghasilkan penyelesaian yang bervariasi dan (3) Pembuatan proyek menekankan siswa lebih mandiri sehingga pembelajaran lebih berpusat kepada siswa. Dengan aktivitas-aktivitas tersebut, terbukti dapat meningkatkan persentase skor tes kemampuan berpikir kreatif siswa dari 51,65% (cukup kreatif) menjadi 73,37% (kreatif).

Kata kunci: project based learning, kemampuan berpikir kreatif, sistem persamaan linear tiga variabel

 

Abstract

In the 21st century, one of the learning objectives that need to be improved in learning mathematics is the ability to think creatively. The low ability to think creatively is caused by the fact that learning is still teacher-centered and not effective, especially while online. This is supported by the average percentage of students' pretest, which is 30.70%, indicating that this ability is in the less creative category. The purpose of this study is to describe the application of the Project Based Learning learning model that can improve students' creative thinking skills in solving problems with a three-variable linear equation system. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR) from Mc. Taggart and Kemmis. This research was conducted in two cycles with each cycle consisting of four stages, namely planning, implementing actions, observing, and reflecting. This study obtained the results that the stages of Project Based Learning activities that can improve creative thinking skills include: (1) The essential problems given are contextual and open-ended, (2) Monitoring carried out by the main teacher is to guide students to produce varied solutions. and (3) Project making emphasizes students to be more independent so that learning is more student-centred. With these activities, it is proven to increase the percentage of students' creative thinking ability test scores from 51.65% (creative enough) to 73.37% (creative).

Keywords: project based learning, creative thinking ability, three-variable linear equation system

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rohmah, N. U. (2023). PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Integral : Pendidikan Matematika, 14(1), 23–40. https://doi.org/10.32534/jnr.v14i1.2484

Issue

Section

Articles