ANALISIS PRINSIP BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI ALJABAR DI SMA 3 DARUL ULUM PETERONGAN JOMBANG

Authors

  • INTAN ANGGI RAHAYU STKIP PGRI JOMBANG
  • HIRFA NUR KHOLIIQOH
  • DESINTA RIZKI ARISUCI
  • JAUHARA DIAN NURUL IFFAH

DOI:

https://doi.org/10.32534/jnr.v13i2.2455

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prinsip belajar pada proses pembelajaran matematika kelas X-MIPA 1 di SMA 3 Darul Ulum Peterongan Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas X-MIPA 1 di SMA 3 Darul Ulum Peterongan Jombang dengan materi yaitu fungsi aljabar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar observasi. Adapun hasil dari penilian ini yaitu mengenai prinsip belajar. Pertama perhatian dan inovasi, dalam hal ini guru membimbing dan mengarahkan siswa dalam memahami materi fungsi aljabar, serta membimbing siswa yang mengalami kesulitan pada materi yang disampaikan. Kedua keaktifan, siswa dalam proses pembelajaran dengan kelompok siswa lebih aktif dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Ketiga keterlibatan langsung, dalam proses pembelajaran guru membentuk kelompok dan memberikan soal kepada siswa, hal tersebut akan memunculkan keterlibatan langsung pada siswa. Keempat pengulangan, setelah menyelesaikan diskusi guru menyatakan materi fungsi aljabar dimana yang belum dimengerti dan guru akan memberi penguatan kepada siswa. Kelima tantangan, saat proses pembelajaran dengan menggunakan metode kelompok, dimana siswa diberi soal materi fungsi aljabar dituntut berpikir lebih keras untuk mencari jawaban secara berkelompok. Keenam balikan penguatan, dalam prosespembelajaran guru memberikan penguatan materi fungsi aljabar yang telah dipelajari pada akhir pelajaran. Ketujuh perbedaan individual, saat proses pembelajaran terlihat kemampuan dan gaya belajar siswa yang berbeda, ada siswa yang atktif dan ada juga siswa yang pasif. Kata Kunci : Prinsip Belajar, Pembelajaran, Fungsi Aljabar

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

RAHAYU, I. A., KHOLIIQOH, H. N., ARISUCI, D. R., & IFFAH, J. D. N. (2022). ANALISIS PRINSIP BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI ALJABAR DI SMA 3 DARUL ULUM PETERONGAN JOMBANG. Integral : Pendidikan Matematika, 13(2), 28–40. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i2.2455

Issue

Section

Articles