KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMPK St. ISODORUS LEWOTALA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA TOPIK JARING-JARING KUBUS DAN BALOK

Authors

  • Roberta Uron Hurit Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Bernadus Bin Frans Resi Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.32534/jnr.v12i2.2434

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan spasial siswa pada topik jaring-jaring kubus dan balok dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Kemampuan spasial dalam penelitian ini adalah kemampuan memanipulasi dan merotasi secara mental suatu gambar ke dalam susunan lain serta kemampuan membayangkan bentuk suatu objek yang ada di dalam benda padat dari perspektif berbeda dalam menyelesaikan masalah geometri berkaitan dengan jaring- jaring kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021. Penelitian meliputi proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMPK St. Isodorus Lewotala. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil  tes  dan wawancara  dianalisis  mengacu  pada  aspek  kemampuan  spasial  yakni  kemampuan: pengimajinasian,  pengonsepan,  penyelesaian  masalah,  dan  pencarian  pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial siswa dalam membuat sjaring-jaring kubus masih belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa peserta didik belum memenuhi indikator kemampuan spasial dalam membuat jaring-jaring kubus dan Balok

Author Biography

Bernadus Bin Frans Resi, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

Abstract

The purpose of this study was to describe students' spatial abilities on the topic of nets of cubes and blocks using problem-based learning. Spatial ability in this research is the ability to mentally manipulate and rotate an image into another arrangement and the ability to imagine the shape of an object in a solid from different perspectives in solving geometric problems related to cube and block nets. The research method used is descriptive qualitative research. This research was conducted in June 2021. The research covers the learning process using a problem-based learning model. The research subjects consisted of class VIII students of SMPK St. Isodorus Lewotala. Data were analyzed descriptively qualitatively. The results of the tests and interviews were analyzed referring to aspects of spatial ability, namely the ability: imagining, conceptualizing, problem solving, and finding patterns. The results showed that the students' spatial ability in making cube nets was still not maximized. This is indicated by the fact that some students have not met the spatial ability indicators in making cube and block nets.

Keywords: Problem-based learning, children

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan spasial siswa pada topik jaring-jaring kubus dan balok dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Kemampuan spasial dalam penelitian ini adalah kemampuan memanipulasi dan merotasi secara mental suatu gambar ke dalam susunan lain serta kemampuan membayangkan bentuk suatu objek yang ada di dalam benda padat dari perspektif berbeda dalam menyelesaikan masalah geometri berkaitan dengan jaring- jaring kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021. Penelitian meliputi proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMPK St. Isodorus Lewotala. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil  tes  dan wawancara  dianalisis  mengacu  pada  aspek  kemampuan  spasial  yakni  kemampuan: pengimajinasian,  pengonsepan,  penyelesaian  masalah,  dan  pencarian  pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial siswa dalam membuat sjaring-jaring kubus masih belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa peserta didik belum memenuhi indikator kemampuan spasial dalam membuat jaring-jaring kubus dan Balok

Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, analisis keruangan siswa, Jaring- jaring kubus dan balok

Downloads

Published

2022-01-03

How to Cite

Hurit, R. U., & Resi, B. B. F. (2022). KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMPK St. ISODORUS LEWOTALA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA TOPIK JARING-JARING KUBUS DAN BALOK. Integral : Pendidikan Matematika, 12(2), 29–41. https://doi.org/10.32534/jnr.v12i2.2434

Issue

Section

Articles