Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kelara

Authors

  • A. Muhajir Nasir Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros https://orcid.org/0000-0002-1626-0646
  • Dian Hardianti Hasmar SMP Negeri 1 Kelara, Jeneponto
  • Rahmawati Rahmawati Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros
  • Muhammad Yunan SMP Negeri 1 Kelara, Jeneponto

DOI:

https://doi.org/10.32534/jnr.v13i2.2106

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto melalui Metode Kepala Bernomor. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto dengan jumlah siswa 40 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto setelah diterapakan Metode Kepala Bernomor. Hal ini ditunjukan dengan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I yaitu 58,85 menjadi 79,28 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajarnya dari 32,5% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II. Secara umum hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto dapat ditingkatkan dengan menggunakan Metode Kepala Bernomor. Hasil analisis kualitatif menunjukkan adanya peningkatan frekuensi kehadiran siswa dan keaktifan siswa, kerja sama dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian penerapan Metode Kepala Bernomor dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Nasir, A. M., Hasmar, D. H., Rahmawati, R., & Yunan, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kelara. Integral : Pendidikan Matematika, 13(2), 17–27. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i2.2106

Issue

Section

Articles