A KREATIVITAS SISWA KOLERIS DAN PHLEGMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRIKREATIVITAS SISWA KOLERIS DAN PHLEGMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI

CREATIVITY OF COLLECTION AND PHLEGMATIC STUDENTS IN SOLVING GEOMETRY PROBLEMS

Authors

  • Fitria Ningsih UAD
  • Harina Fitriyani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32534/jnr.v12i2.1470

Abstract

Pembelajaran abad 21 mencerminkan 4 tujuan belajar (4C) yaitu Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration. Dapat dilihat bahwa kreativitas merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran di era modern ini terutama pada pembelajaran matematika dimana pada mata pelajaran ini terdapat berbagai masalah yang dapat dikatakan rumit dan membutuhkan kreativitas untuk menyelesaikannya. Sedangkan kreativitas individu berbeda-beda karena memiliki kepibadian yang beragam pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kreativitas siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal-soal matematika ditinjau dari tipe kepribadian koleris dan phlegmatis. Penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa pada setiap tipe kepribadian kelas VII A dan VII B SMP Negeri 4 Dompu. Teknik pengumpulan datannya menggunakan angket tipe kepribadian, tes soal kreativitas, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk mendapatkan data penelitian digunakan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap tipe kepribadian mempunyai keterampilan kreativitas yang berbeda dan khas. Perbedaan ciri-ciri kepribadian berdampak pada keterampilan kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari subjek kholeris memenuhi kemampuan keluwesan, keaslian, dan penguraian namun tidak memenuhi kemampuan kelancaran. Sedangkan subjek phlegmatis mampu memenuhi komponen kelancaran, keluwesan, keaslian, dan penguraian.    

Pembelajaran abad 21 mencerminkan 4 tujuan belajar (4C) yaitu Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration. Dapat dilihat bahwa kreativitas merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran di era modern ini terutama pada pembelajaran matematika dimana pada mata pelajaran ini terdapat berbagai masalah yang dapat dikatakan rumit dan membutuhkan kreativitas untuk menyelesaikannya. Sedangkan kreativitas individu berbeda-beda karena memiliki kepibadian yang beragam pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kreativitas siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal-soal matematika ditinjau dari tipe kepribadian koleris dan phlegmatis. Penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa pada setiap tipe kepribadian kelas VII A dan VII B SMP Negeri 4 Dompu. Teknik pengumpulan datannya menggunakan angket tipe kepribadian, tes soal kreativitas, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk mendapatkan data penelitian digunakan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap tipe kepribadian mempunyai keterampilan kreativitas yang berbeda dan khas. Perbedaan ciri-ciri kepribadian berdampak pada keterampilan kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari subjek kholeris memenuhi kemampuan keluwesan, keaslian, dan penguraian namun tidak memenuhi kemampuan kelancaran. Sedangkan subjek phlegmatis mampu memenuhi komponen kelancaran, keluwesan, keaslian, dan penguraian.    

Author Biography

Harina Fitriyani, Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

21st century learning relects 4 objective (4c) namely Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration. It can be seen that creativity is one of te important components in learning in this modern era, especially in mathematics learning where in this lesson there are various problems that can be said to be complex and require creativity to solve them. While individual creativity varies because they have different personalities. The purpose of this study was to identify the creativity of grade VII SMP studend in solving math problems in term of choleric and phegmatic personality types. This research uses a descriptive qualitative approach. The subjects of this study were 2 students in each personality type in class VIIA and class VII B of SMP Negeri 4 Dompu. Data collection techniques using personality type questionnaires, creativity questions, and interviews. Data analysis in this study using the Miles and Huberman model. Meanwhile to obtain research data used tringulation techniques combined with source tringulation. The results showed that each personality type has different and distinctive creativity skills. This can be seen from the choleric subject that fulfills the broad ability of flexibility, originality, and elaboration but does not meet fluency. Phlegmatic subject is able to meet the ability of fluency, flexibility, originality, and elaborition.

 Keywords : Creativity, Solving Problems, Personality types.

 

 

Abstrak

Pembelajaran abad 21 mencerminkan 4 tujuan belajar (4C) yaitu Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration. Dapat dilihat bahwa kreativitas merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran di era modern ini terutama pada pembelajaran matematika dimana pada mata pelajaran ini terdapat berbagai masalah yang dapat dikatakan rumit dan membutuhkan kreativitas untuk menyelesaikannya. Sedangkan kreativitas individu berbeda-beda karena memiliki kepibadian yang beragam pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kreativitas siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal-soal matematika ditinjau dari tipe kepribadian koleris dan phlegmatis. Penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa pada setiap tipe kepribadian kelas VII A dan VII B di salah satu SMP Negeri di Dompu. Teknik pengumpulan datannya menggunakan angket tipe kepribadian, tes soal kreativitas, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk mendapatkan data penelitian digunakan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap tipe kepribadian mempunyai keterampilan kreativitas yang berbeda dan khas. Perbedaan ciri-ciri kepribadian berdampak pada keterampilan kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari subjek kholeris memenuhi kemampuan keluwesan, keaslian, dan penguraian namun tidak memenuhi kemampuan kelancaran. Sedangkan subjek phlegmatis mampu memenuhi komponen kelancaran, keluwesan, keaslian, dan penguraian.

 

Kata Kunci : Kreativitas, Menyelesaikan soal, Tipe kepribadian.

Downloads

Published

2022-01-03

How to Cite

Ningsih, F., & Fitriyani, H. (2022). A KREATIVITAS SISWA KOLERIS DAN PHLEGMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRIKREATIVITAS SISWA KOLERIS DAN PHLEGMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI: CREATIVITY OF COLLECTION AND PHLEGMATIC STUDENTS IN SOLVING GEOMETRY PROBLEMS. Integral : Pendidikan Matematika, 12(2), 21–29. https://doi.org/10.32534/jnr.v12i2.1470

Issue

Section

Articles